Mar 27, 2010

935100

Total tempat tinggal penduduk di sini ada sekitar 1100 ribu lebih terdiri dari HDB, kondominium, dan rumah-rumah pribadi baik berupa landed maupun private-flats. Bagian terbesarnya yaitu 83.5% adalah HDB (baik tipe 1/2/3/4/5-rooms atau Executive flats). Dari sekian banyak flat HDB, penduduk tetap Singapura (SPR) hanya memiliki 4.9% nya. Kenyataan menunjukkan mayoritas upper-class SPR memilih tinggal di kawasan swasta seperti kondominium atau private-flats.

Dari tulisan sebelumnya total populasi di pulau seluas 721 km2 ini ada sekitar 4.99 juta orang: 3.2 juta warga negara, 530 ribu SPR, dan sisanya orang asing. Dari total 3.73 juta penduduk (warga dan SPR) sebanyak 3089 ribu lebih tinggal di HDB. Ini adalah angka yang dikeluarkan biro statistik akhir Sep 2009 lalu.

As usual pictures speak louder than words, taken from our backyard and frontyard

What is important, he says, is not to lose sight of the tenets of Singapore’s public housing programme (Mr. Mah Bow Tan, Minister of Nat'l Development on Weekend Today 27 March 2010):

(1) Providing access to public housing for a large majority of the population;
(2) allowing Singaporeans to own their homes;
(3) and sustaining the value of their flats over a lifetime — thus enabling owners to monetise their units.

Currently, more than 80 per cent of the population here lives in HDB flats — a figure that has been steadily dipping from around 90 per cent a few decades ago. And as private housing becomes attainable to a larger segment due to rising affluence, Mr Mah expects the proportion to go down further, hitting a stable level of around 75 per cent in the decade ahead. Said Mr Mah: “I can’t see it coming down too much because then the private housing will not be able to cope” — there’s only so much space designated for such property in Singapore — “and the gap between private and public housing will be even bigger”.

Black Matt Transporter

Pertama kali dikayuh di awal Maret 2006, dengan modal awal sekitar $220++ URATA CB10 ini berpindah pemilik dari empunya toko ke pemilik saat ini. Penuh resiko juga pertama kali membawanya dari toko di Joo Chiat Rd ke flat kami di Bishan. Niat awal akan membawanya ke kantor meniru rekan-rekan di Munich (Jerman) yang paling suka bersepeda di kala hari tak hujan atau bersalju. 

Dari Bishan ke kantor di Kallang hanya perlu 30 menitan (jarak lurus 7-8 km), dimulai dengan menyusuri Bishan St. 13, lalu menaiki overpass di atas Braddel Rd (di antara Masjid Muhajirin dan Singapore Press Holding), dan meluncur mulus di bantaran Sungai Kallang yang rindang dinaungi pepohonan hingga bertemu Potong Pasir Avenue 1. Di sini jelas aman karena sudah ada trek khusus sepeda, jadi meski pagi atau malam hari pun tetap nyaman. Kendalanya hanya jika hujan lebat karena tak ada tempat berlindung. Sampai bertemu simpang Upper Serangon Rd (Potong Pasir MRT) biasanya peluh belum banyak, tetapi etape terakhir menuju kantor yang mungkin kurang dari 1 km justru yang paling mendebarkan, Sepeda harus bersaing bersama mobil dan motor di jalan raya, tidak ada naungan pohon, asap dan panas bercampur dengan degap jantung memacu agar cepat tiba di kantor :-( Last etape inilah yang paling gerah :-)  

Singapura memang tak boleh dilawan mataharinya
Beberapa bulan kemudian kami pindah ke Bedok North, dari sini ke kantor ada jarak 11-12 km, dan sama sekali tak ada jalur sepeda atau bantaran sungai yang nyaman. Paling cepat perlu waktu 45 menitan untuk menempuhnya. Bersaing dengan bus dan kendaraan beroda lain, menghadapi tanjakan dan turunan yang panjang, dan pastinya radiasi matahari. Mandi keringat ! Ini memang bukan makanan sehari-hari hingga akhirnya tak pernah sama sekali. Biasanya menjelang bulan Ramadhan, saya antar sepeda ke kantor dan disimpan di sana hingga menjelang akhir Ramadhan. Tujuannya agar dapat pergi shalat Zuhur atau Ashr ke mesjid terdekat (Salim Mattar atau Alkaff Potong Pasir) dengan sepeda. Sebelum mudik lebarab, sepeda dibawa pulang. Jadi perjuangannya dua kali saja dalam setahun.

Alumunium Alloy
Diklaim terbuat dari Al-Alloy tipe 6061, mengangkatnya tetap perlu tenaga untuk melawan gaya gravitasi 150-200N, sepeda ini memang kawan setia.Meski belum pernah bertemu website resminya, URATA dikenal sebagai merek populer di sini untuk sepeda pemula. Mungkin awalnya merek Jepun, namun kini sudah produksi masal di Taiwan, dan hanya dijual di Singapura he..he... Dilengkapi Shimano V-Break, roda 26" dari Weinmann tm18 dan gerigi Shimano SIS-7 (21 kecepatan).

LEVEL 1
SIS-5 speed/6 speed/7 speed.
ALTUS-7
ACERA-7 speed/8 speed.

The above (3) are mainly used on bikes that are used on weekends,bike path riding and some commuting bikes.

Yeah ... yeah entry level


Tepat ini sebuah MTB untuk pemula karena memang biasa dipakai untuk mondar-mandir (errands), tak perlu mahal yang tentunya nggak pa-pa berat-berat dikit waktu menggotongnya naik tangga. Pergi ke mesjid, belanja jika hanya untuk keperluan kecil, mengantar ini-itu, pergi berolahraga, ke rumah teman ... semua tinggal genjot ! Sudah 4 tahun lebih tanpa rewel yang berarti kecuali saat ban kurang angin dan harus pompa sendiri :-) Kualitas rangkanya pun bagus dan tahan karat. Di forum online sepeda ini pun diakui sebagai sepeda pemula yang baik meski agak berat di body.


Well ... masih banyak daerah di sini yang belum mesra pengendara sepeda, apalagi matahari nya itu lhoo.. Berangkat kerja dengan sepeda hanya baik dilakukan sebelum jam 8 pagi dan untuk pulang kerja pun diusahakan sebelum jam 6 agar jalan raya masih sepi dan matahari sudah tidak tinggi. Di musim hujan amat tidak direkomendasikan karena pasti sulit menghindar dan khusus untuk sepeda dengan tipe rem-V akan tidak dapat mengerem sempurna. Sediakan kacamata, topi, handuk, dan pakaian ganti apabila ingin bike to work macam rekan-rekan di Jakarta. Kualitas udara masih cukup baik sehingga belum perlu pakai masker. Helm (topi keledar) mungkin belum perlu, namun lampu di depan dan di belakang perlu apabila sering berkendara di malam hari.

Mar 24, 2010

Montir Peti Sejuk di Singapura

Berawal dari kejadian malam minggu, tanpa disadari ternyata kulkas yang sudah lebih 3.5 tahun mengabdi ini, tiba-tiba hening tanpa alasan. Usia pakainya mungkin lebih tua lagi mengingat saat diperoleh bukan dari kondisi baru, jadi maklum bila sekarang ia memulai rewel pertama nya :-)

Diteliti sebentar, tak ada masalah dengan listrik karena lampu di dalamnya tetap menyala, namun mengapa kompresor yang biasa berderun dan menggeram itu kini hening tak bernyawa. Curiga kompresor itu sudah ajal, namun tak mungkin secepat itu karena hari-hari sebelumnya ia tetap perkasa tanpa menunjukkan tanda-tanda mogok.

Mbah google ditanya, tapi tak ada yang memuaskan, mungkin karena kata kunci yang kurang pas. Salahsatunya bertemu ini di repairclinic.com, namun belum membantu saya karena banyak detail yang mengarah kepada memanggil montir.

Cari juga lewat youtube, meskipun bertemu dengan dua video yang jauh dari cocok untuk reparasi instant namun lebih tepat untuk merancang kulkas baru. Video nya menarik dan kalau ada waktu saya berminat mengunduhnya (download).
OK, kembali pada masalah, ini sudah hampir 12 jam tanpa kulkas. Barang-barang yang masih ada di dalam terpaksa diselamatkan. Iklan reparasi dari koran sedang diteliti, hari Minggu agak sulit untuk memanggil montir yang bersedia datang. Terus terang mengamati dinding freezer bagian atas itu bingung juga, tak terlihat bagian2 isi perut kulkas tsb, dimana mereka tersembunyi ?? Yang tampak hanya kompresor bulat hitam di bagian belakang bawah kulkas, namun feeling masih tak percaya bahwa kompresor itu yang rusak.

Rencana temu janji baru dapat terlaksana hari Senin jam 4 sore, berarti lebih 44 jam sejak kulkas ini mati. Seorang montir melayu yang tampak berpengalaman dari caranya bekerja dan menerangkan mulai beraksi. Rupanya isi perut freezer itu ada di dinding belakang bagian dalam, untuk membukanya cukup ditarik dengan tang (plier) setelah rak es batu yang menghalangi dinding dibuka. Kesimpulannya defrost heater pecah (elemen pemanas yang dibungkus dalam gelas slinder kaca sepanjang 14"), sehingga kabel yang menghubungkan heater di salah satu sisi putus. Unit ini diperlukan untuk menghancurkan bunga es, dan kompresor tak akan bekerja jika unit ini putus. Ini semacam tindakan pencegahan dari rancangan kulkas.

Encik Amin menyebut total transport + ongkos kerja + penggantian alat, tak bisa ditawar. Jika tak setuju, cukup bayar uang transport $20 (biasanya montir lain hanya $10 saja). Kami setuju dan 15 menit kemudian selesai, alhamdulillaah kulkas kembali normal. Beliau sempat menunggu sekitar 30 menit di rumah untuk memastikan bahwa segalanya berjalan baik. Alat dijamin selama 3 bulan !

Montir ini direferensikan oleh makcik H tetangga karib kami. Makcik mewanti-wanti agar jangan sembarangan memanggil montir karena sudah banyak kasus penipuan yang mencekik leher konsumen karena alasan yang dibuat2. Memang kewaspadaan itu perlu dan ada saatnya rezeki montir itu lewat uang kita juga :-) Saya kutipkan guideline untuk memutuskan apa ongkos reparasi yang akan dilakukan masih masuk akal dari salahsatu situs:
If the part that is needed costs more than one quarter of the original price of the fridge, then you should probably just get another one.
Memang cerita ini kisah nyata dan tidak seunik kisah teladan sepanjang masa Knowing Where to Tap. Kebetulan saya cocok dengan panduan di atas, dimana harga reparasi tidak lebih mahal dari 1/4 atau mungkin hanya 1/6 dari harga kulkas baru. Insya Allah lancar jaya ke depannya.

Sebagai tukang insinyur yang tak pernah ikut kursus reparasi pendingin tentunya kesulitan memahami nama2 komponen yang ada (memang tidak punya literatur), tak ada pengalaman step-by-step troubleshooting, kurang perkakas, dan cara mengakses komponen yang rusak tsb. Bila target komponen yang rusak sudah diketahui pun, persoalan berikutnya adalah kemana mencarinya. Padahal jika sudah jelas kata kuncinya, semacam defrost heater, maka informasi saat mencari di internet pun akan lebih akurat, seperti ini.






Mar 23, 2010

SPT Pertama

Salahsatu kejadian istimewa di hari ultah tahun ini adalah rampungnya pengiriman laporan pajak pribadi (SPT 2010) ke Jakarta. Ini pengalaman pertama melaporkan pajak sejak memiliki kartu sakti sejak awal 2009 lalu. Alhamdulillaah, semoga tidak salah dan lancar ke depannya.

Last minute akhirnya selesai juga lembar demi lembar 1770S tsb. Padahal sudah beli buku petunjuk pengisiannya sejak pertengahan tahun lalu :-) Minta tolong juga kepada keponakan untuk memeriksa isiannya. Alhasil selesai juga.

Intinya saya kirimkan dalam amplop ukuran A4:
  1. Lembaran 1770S yang sudah ditandatangani plus dua helai lampirannya (1770S-I dan 1770S-II). Cukup menggunakan kertas A4, karena ukuran resmi yaitu kuarto (F4) amat jarang dipakai di tempat saya sekarang.
  2. Surat pernyataan yang intinya menyatakan bahwa sampai saat ini saya tidak menetap dan tidak bekerja di Indonesia. Pendapatan dalam negeri yang diperoleh hanyalah dari bunga bank (yang sudah dikenakan PPh final 20% oleh bank tiap bulan otomatis) atas tabungan yang ada di bank nasional.
  3. Fotokopi kartu tanda penduduk luar negeri.
Bagi saya cukup mengisi:
  • Pekerjaan, Nomor telp di Jakarta, Tahun pajak
  • Lampiran (disilang): surat pernyataan tinggal di LN dan fotokopi KTP LN
  • 1770S-I: kosong
  • 1770S-II: isi harta pada akhir tahun (Bagian B) dan daftar susunan anggota keluarga (Bagian D). Jika ada beberapa tabungan maka tulis semua tabungan tsb berikut tahun perolehan (2009) dan harga perolehannya per 31 Desember 2009.
  • Isi nama dan NPWP di tiap halaman
  • 1770S: Tanda tangan di lembar pertama disertai menyilang pilihan Wajib Pajak dan mengisi tanggal pengisian.
Sesuai nasehat asisten, saya tidak perlu mengisi:
  • 1770S: Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) karena keringanan ini tidak berlaku untuk WNI yang tinggal di luar Indonesia.
  • 1770S-I bagian A No. 1 tentang bunga deposito, tabungan dll karena sudah otomatis ditarik dari bank yang bersangkutan (sebagaimana saya tuliskan di bagian B).
Selesai semuanya, pergi ke kantor pos, kirim dengan surat tercatat. Pastikan resi pengirimannya disimpan. Tukang pos cakap perlu waktu 8 hari untuk sampai alamat tujuan ... nah lho ... padahal pesawat ke Jakarta ada tiap jam dari sini :-(

Keuntungan punya NPWP tentunya memudahkan urusan di tanah air. Salahsatu yang sudah dipraktekkan dan amat membantu adalah saat membawa orang tua ke luar negeri, cukup perlihatkan NPWP dan fotokopi kartu keluarga kepada petugas pajak di bandara, agar dapat bebas fiskal untuk orang tua.

Info:
- Form 1770S dapat download di lelaman pajak.
- Khusus TKI di LN ini peraturannya.
- Ada blog yang membahas ini juga lebih rinci, di dudiwahyudi.com

Mar 21, 2010

Hadiah 100 Milyar Euro

Apa saya siap menerima hadiah 100 Milyar Euro ?
100 Milyar itu 10 pangkat 11, alias berderet 11 angka nol di belakang 1.
(Euro hanya sebagai contoh, dapat diisi dengan mata uang lain yang lebih perkasa)

Jujur saja sampai saat ini saya belum pernah mimpi dan punya rencana apa yang akan saya lakukan kalau tiba-tiba dapat amanah, titipan uang, atau hadiah tanpa ikatan pengembalian bernilai zillion besarnya itu. Jangankan 100 Milyar Euro, nilai lebih kecil dari itupun belum terfikirkan. Masih untung hadiah ini tidak harus saya habiskan dengan terburu-buru ala reality show Uang Kaget (dan sejenisnya) yang pernah tayang di stasiun TV swasta di negeri kita.

... So jika teman-teman pembaca seperti saya, mulailah mengerjakan pekerjaan rumah untuk merencanakan penggunaan uang tsb ...

Yang pasti ada gula ada semut.
Saya akan kebanjiran tamu dengan berbagai proposal pembangunan, aktivitas sosial, kerja sama, minta bantuan, dll ... tentunya ini amat membantu saya untuk tidak pusing dimana harus menyimpan uang sebanyak itu. Mau tahu ilustrasinya, silakan klik situs 87billion ini.

Mungkin ada yang berkata, ah cita-cita saya tak setinggi langit, atau seluas alam semesta, mengapa harus bingung untuk mengelola uang sedemikian banyak. Spend... spend... dan spend ... Iya namun itu belanja yang merupakan kegiatan konsumtif dan pasti akan menjenuhkan, apa tidak bosan menghabiskan uang sebanyak itu hanya untuk mengelilingi dunia berpuluh kali dalam sebuah jet pribadi atau kapal pesiar mewah dan menginap di hotel bintang tujuh.
Ahaa ... mengapa bingung, niat mulia hajikan 2 juta orang muslim tak mampu. Satu orang perlu biaya 2000 Euro, artinya baru terpakai 4 Milyar Euro setahun. Kegiatan ini dapat dilakukan selama 25 tahun penuh artinya 50 juta orang tak mampu pergi haji. Artinya Masjidil Haram hanya menerima jamaah haji yang saya biayai selama 25 tahun dan tidak menerima jamaah lain karena maksimum jamaah luar negeri adalah 2 juta saja di musim haji.
Namun apa ada ide yang lebih baik dan tidak terkesan pamer atau orang kaya bingung yang kebanyakan uang ? Belum lagi kalau difikirkan aspek teknis penyeleksian siapa yang akan menerima haji gratis tsb ... rebutan, saling sikut, berdesakan, dll macam antri angpao.

Apa masukkan deposito, beli obligasi, SUN SBI, sewa fund manager ...ah ini pun menambah kekacauan di dunia yangt sudah sesak dengan produk2 derivatif ribawi saat ini.

Beli emas ? No way .. siapa yang pernah berfikir menukar very-liquid-asset ini dengan emas, toh uang sebanyak ini tak habis dipakai 10 generasi. Lagipula mau disimpan dimana batangannya.

Sudahlah, saya pun tak berminat beli apartemen atau ruko untuk disewakan, repot berurusan dengan penyewa yang telat bayar dan tak merawat apartemen dengan baik.

Bangun negeri,
  • Memang saya mengimpikan ada jembatan tol multilane, multistorey antar pulau-pulau di Indonesia, semacam proyek ambisius selat Sunda (kendaraan, KRL cepat beriringan)
  • Perlebar jalan-jalan provinsi semacam lintas Sumatra sehingga distribusi hasil pangan mudah, murah, dan selamat.
  • Rumah sakit, sekolah, pesantren, buku gratis
  • Peternakan sapi, pertanian bibit unggul
  • Menciptakan lapangan kerja dengan membuka industri hulu ke hilir yang canggih.
  • ...
Hmm ... ternyata banyak juga ya ... apa memang cukup dana 100 MilEuro itu ? Apa tak akan kehabisan di tengah jalan sementara proyek megaderma tadi belum rampung final ?

Disinilah perlu konsorsium konsultan dan manajer projek yang amanah dan profesional.
Menghitung dengan teliti tentang dana yang tersedia, SDM yang ada, teknologi yang ada saat ini dll. Jangan sampai uang habis, hasil tak ada. Belum lagi ada kompetitor dan mafia KKN yang menggelembungkan dana proyek tanpa batas. Ternyata saya pun belum mampu ikut berfikir sekompleks itu, dan jelas takut dikhianati. Koq tega niat mulia masih dirusak juga.

Tunggu ... lha .. kalau semuanya untuk bangun negeri, donatur kegiatan amal sosial, mana bagian uang untuk saya dan keluarga ... dan cucu 10 generasi tadi !

JADI APA SAYA RELA BERBAGI !!!
Diriwayatkan dari Ibnu Abbas bin Sahal bin Sa'ad r.a., ia berkata,"Aku mendengar Ibnu Zubair dalam salah satu khutbahnya dimimbar kota Makkah berkata, `Wahai sekalian manusia, sesungguhnya Nabi Muhammad saw. bersabda: Seandainya anak Adam diberi satu lembah yang penuh berisi emas, maka dia akan mencari lembah yang kedua. Seandainya dia diberi lembah yang kedua, maka dia masih akan mencari lembah yang ketiga. Tak ada yang mampu menutup perut Bani Adam kecuali tanah. Dan Allah memberikan ampunan kepada siapa saja yang bertobat." (HR. Bukhori)

Sebaiknya memang lekas sadar dari mimpi ini, kembali mengerjakan yang memang sudah jadi tugas, dan tidak mengharapkan mimpi yang sama datang lagi :-) Mungkin ini yang membuat saya belum dipercaya menangani amanah sebanyak itu, wallaahu a'lam bishawwab

Any takers ? Pls let me know if you can share the brilliant idea how to utilise this fund smart and wisely.