Oct 31, 2011

Tawaran dan Pengorbanan

Tiap tahun paling kurang ada empat pameran produk IT dan elektronik di sini. Selain memerlukan waktu dan tenaga yg prima, pengunjung yg pintar perlu strategi yg tepat agar perjuangan tak sia-sia. Untuk yg maniak dgn acara spt ini diperlukan dua hari: hari pertama utk mengumpulkan sebanyaknya informasi (brosur, banding harga, dll) dan hari kedua baru action membeli jika ada yg cocok. 

Perlukah ke sana ?
Jika sekedar hanya ingin berjalan-jalan pengisi waktu lupakanlah, masih banyak tempat lain yg juga full-AC dan berpemandangan menarik dibanding harus berdesak-desakan dan mendengar kebisingan yg tak perlu. Mau survei produk juga jangan di sini, lebih baik kunjungi saja showroom di mall-mall yg tak kalah banyak keragaman produknya. Untuk dapat harga miring ... boleh jadi tepat sasaran, asalkan Anda sudah survey sebelumnya di tempat lain. Maklumlah harga komoditas elektronik ini paling cepat tergerus waktu. Dalam tempo 3-6 bulan saja, harga boleh turun hingga 20-30%, sehingga belum tentu keuntungan signifikan diperoleh di pameran2 besar begini. Memang ada tawaran menarik yg sengaja jadi pemancing misalkan hanya untuk 10 pembeli pertama, harga spesial khusus pemegang kartu kredit A, atau mendapatkan hadiah langsung bla...bla senilai xxx dollars.


Turun naik di Suntec Expo

TV layar lebar selalu paling banyak dicari, tiap tahun semakin lebar
Saya amati baik gerai resmi, distributor, bahkan pemegang merek (principal) rajin berpameran di mana saja tanpa menunggu empat pameran besar tadi (Sitex, Comex, IT show, PC show). Tempat-tempat yg umum dipakai adalah shopping mall (dari kecil hingga besar) dan pusat elektronik spt Simlim Square dan Funan Center. Ada-ada saja cara mereka melabel acara tsb. mulai dari cuci gudang, jualan hari raya, great singapore sale, school holiday bazaar ... saling bergantian sepanjang tahun. Apapun namanya pasti jelas besar-besar terpampang tulisan SALE. :-)

Jadi memang tak perlu menyesal ada event yg terlewat krn pasti ada yg berikutnya. Sebagai calon pembeli tetapkan saja model yg dicari atau anggaran yg masuk akal. Sebelum beli di pameran, hunting dulu harga resminya di toko-toko. Tak perlu berpeluh mencari, pegal menggotong tivi  46  inch, dan harus lama mengantri taksi hanya untuk menyadari bahwa diskon yg didapat tidak sebanding dengan tenaga, waktu, dan biaya yg dikeluarkan (transport, makan).

Yang pasti penyelenggara, pemilik gedung, dan para pendukung acara (promoter, kontraktor, spg, dll) akan menikmati perputaran uang dari perhelatan besar semacam ini. Sementara utk calon pembeli akan beroleh informasi up-to-date untuk barang yg dicari, katakanlah utk membelinya bulan depan atau tiga bulan lagi. Namun jangan jadikan ini tempat hiburan karena mayoritas wanita dan balita (jg anak-anak) tak akan menikmati hiburan berpeluh, bising dan frequent body contact ini :-)




No comments:

Post a Comment