Jan 16, 2010

Pengumuman Umum

Dari judul papan pemberitahuan di mesjid ini saja sudah membuat tersenyum ... ya betul pengumuman umum. Jadi kata "pengumuman" saja belum cukup untuk menyatakan sifatnya yang umum :-)

Kejadian ini siang hari, saat mengantri toilet sebelum berwudhu untuk shalat Jumat. Di tengahnya selembar kertas peringatan yang ditempel pihak pengurus mesjid ... yang membuat siang itu makin berseri.

Mungkin dari beberapa orang yang mengantri hanya saya yang bukan orang lokal yang berbahasa Melayu. Namun mestinya bahasa Melayu dan bahasa Indonesia (yang jelas merupakan superset dari bahasa Melayu) tidak akan berbeda dalam hal tata bahasa nya.

Tak heran hanya saya sendiri yang tersenyum simpul membaca tulisan ini, sekaligus nekad mengabadikannya :-) Apa penyebabnya ?
  1. Kurang perencanaan antara maksud pengumuman dan susunan kata yang dipilih.
  2. Perlu tanda baca yang tepat.

Kedua hal di atas bagi saya menunjukkan penguasaan bahasa yang memprihatinkan. Mungkin saya usil untuk mengomentari sesuatu, sementara bagi orang lain hal ini sudah dapat dimengerti bahwa "memberi makan pada kucing dan burung itu tidak dibenarkan karena dapat mengotorkan mesjid dan mengundang penyakit" tanpa harus peduli penulisan yang benar hmm ... siapa yang (tega) memberi makan kucing dan burung dengan najis mereka sendiri :-(





No comments:

Post a Comment