Jan 4, 2012

Harga USB Sandisk Cruzer Flash Disk


Berapakah harga USB Cruzer 16GB di akhir tahun 2011 ? Fitur standar, dilengkapi enkripsi data, dengan kualitas yg tak bikin pusing. Dengan melakukan survey 30 menit di Simlim Square bulan lalu didapat variasi harga antara S$20 - S$31 (mestinya kurang dari Rp. 200 ribuan). Harga termahal diperoleh di kaunter-kaunter lantai dasar, toko-toko besar di tiap lantai, lalu menurun mengikuti besar toko dan tinggi lantai. Artinya semakin tinggi lokasi toko dan semakin kecil toko tsb maka harganya paling murah.

Apa benar paling murah ?
Seminggu setelah membelinya, memang "terasa" paling murah, karena saya dapat dengan harga S$21. Apalagi jika dibandingkan dengan USB flash disk pertama kami yg sudah berusia 8 tahunan (masih tipe 1.0 dengan isi perut hanya 128 MB), dibeli di Munich seharga EUR39. Namun pada hari pertama masuk kantor tahun 2012, teman saya pun tnyt baru membeli USB Cruzer 16GB hanya beda penampilan (kalau tak salah Fit tipenya), dengan harga S$16. Harga promo tahun baru di Giant Hypermart katanya. Yah kebanggaan semu yg hanya bertahan seminggu ... Namun dlm seminggu sudah banyak manfaat yg diperoleh saat Cruzer test bareng Regza :-)

USB 2.0 flash disk sudah bukan teknologi baru apalagi untuk kapasitas kurang dari 32GB. Banyak dibuat di China dengan dua tiga merek saja yg populer di sini: Sandisk, Imation, dan Toshiba. Khusus Cruzer, benar-benar milik sejuta umat, ia dipajang di semua toko ! Toko-toko di Simlim markup harga Cruzer dua hingga tiga kali lipat dari modal, sementara Giant cuci gudang cukup banting harga dgn profit margin 33% plus pajak :-)

Nantikan USB 3.0 flash disk di tahun 2012.

Catatan:
Asumsi saya harga jual Cruzer dari distributor adalah $10. Ditawarkan di Simlim antara $20-30 (markup 2-3x) dan harga promosi di Giant dengan profit margin 33% ($10/(1-1/3)  = $15) plus 7% pajak.

...
ringan di awal tahun
...


No comments:

Post a Comment