May 22, 2012

Katuk, Cekuk Manis, Ma Ni Cai

... tambah satu lagi Sweet Leave terjemahan bebasnya. Pertama kali istri melahirkan dan memberi ASI pada si kembar kami pun tak tahu apa sebenarnya nama sayuran yg populer di konsumsi ibu hamil ini. Di daerah saya biasa dipanggil daun katuk, rupanya di sini hadir dengan berbagai nama. Mereka percaya daun ini baik dikonsumsi ibu yg sedang menyusui krn memacu produksi ASI. Di negeri ini pula kami baru tahu bahwa pepaya hijau dan jantung pisang pun dipercaya memiliki khasiat yg sama.

Dipanggil Cekuk Manis oleh orang Melayu dan Ma Ni Cai oleh orang Cina, mgkn artinya sama saja ya. Banyak mengandung vitamin A, B, C, K, dan berbagai protein/mineral lain meskipun dicurigai jika terlalu banyak mengkonsumsi akan kena masalah paru-paru.

Saya sudah lupa bentuk daunnya, maklum terakhir kali makan daun ini saat masih SD, sehingga tambah susah utk mencarinya krn saya menanyakan penjual sayur dengan nama katuk :-) Alhamdulillah di supermarket Sh Si dekat rumah tersedia dgn harga yg cukup aduhai, $1.5 utk 300 gram (impor dari Msia sih he..he..). Menyiapkan cukup mudah, rontokkan daun dari batangnya, cuci dan rebus bersama garam/bawang goreng utk penyedap rasa.

p.s terima kasih kiriman daun katuk pertama dari mas Eko dan mb Irma S saat berkunjung menegok si kembar di minggu pertama nya :-)

No comments:

Post a Comment