Nov 28, 2015

Black Friday

Dari wiki istilah ini mulai luas dikenal sebagai awal hari ritel (retail) istimewa sejak akhir November1975. Di Amerika, hari ini ditandai dengan dimulainya penjualan dengan diskon besar-besaran di hari Jum'at terakhir bulan November. Di Singapura seingat saya tak pernah ada "kesadaran" yg meluas tentang event ini makanya saya pun tak kenal istilah ini.

Hingga di hari Jumat kemarin saya lihat di surat kabar TODAY beberapa iklan jualan SALE dengan membawa tema BF ini. Termasuk di antaranya yg berskala besar diadakan di EXPO semacam SITEX 2015, Furniture and Furnishing Sale, Robinsons, dll. Ada yang baru mulai Jumat itu dan ada yg sudah duluan sejak seminggu lalu.

Nah di TODAY 27 November tsb tampak pula iklan setengah halaman dari Clarks Singapore. Alhamdulillah dalam hati, memang ada keperluan utk beli sepatu baru untuk mengganti sepatu kerja yg sudah 3 tahunan dipakai ini. Terakhir saya beli juga saat SALE juga he...he.. akhir 2011 dan akhir 2012 kl tak salah. Beli sepatu bagus memang perlu tunggu diskon besar krn harga aslinya nggk tega akibat "kerusakan dompet" nya.
 
 Diharapkan beli sepatu dari merk yg sudah terkenal ini akan membuat usia pakai yang lama. Namun berapa lah lama yang diharapkan. Umumnya dengan pemakaian standar, rutin dibawa kerja dan jalan-jalan keluarga, usianya 3 tahunan. Jika sepasang sepatu perlu investasi $150 berarti tiap tahun $50 dibelanjakan, alias  $1/minggu dengan asumsi sepatu nonstop 50 minggu dalam setahun dipakai :-)

No comments:

Post a Comment