Jul 13, 2011

Pisau bermata dua

Foto2 di kamera digital hilang, terhapus, nggak sengaja ... sweat not !

Mampir ke panti gugel, ketik "mengembalikan foto yang terhapus di memory card" mau pakai bahasa Indonesia keq, inggris, jepun, jerman ... apa saja lah pasti nongol deh tuh tulisan/link ke sofwe-sofwe ajaib yg berarti banget buat yg merasa kehilangan ... ada PC Inspector Smart Recovery, ada Zero Assumption Recovery (ini pernah ku pakai sendiri), dll. Dari yg gretongan, bajakan, sampai yg kudu bayar.

Bagi yg kehilangan, aplikasi ini amat bermanfaat. Namun sebagaimana pisau yg dapat digunakan utk tujuan baik dan tujuan jahat, nggak heran kemajuan teknologi ini bagi yg jahil akan menjadi senjata perusak yg dapat dipakai utk kejahatan bagi calon korban yg tak berhati-hati.

Di pulau kecil ini atau di Jakarta, atau dimana sj Batam, Medan, Sby, Pdg, ... yg namanya toko second hand handphone/bb buaanyyyaaaak banget. Baik yg hasil jualan bener, butuh uang, ataupun tadahan hasil jambretan. Nah dapat dibayangkan, kalau tuh miniSD card atau memory card HP-HP *bekas pakai* bertebaran di toko2 tsb.

Yg punya fikiran jahat ... lgsg dah coba keberuntungan iseng2 nge-run itu sofwe. Tentunya dia harus punya card reader dan komputer lah. Blassst ... nongol deh foto PakNgah bareng cinca laura ...
PakNgah di monas, cinca di america. Lgsg dijadikan blackmail bernuansa PEMERASAN agar tuh foto nggak beredar di milis2. Memang *tak semua* foto-foto tempo doeloe dapat diselamatkan, mgkn ada yg hilang sama sekali atau mgkn terpotong sebagian.

Apa solusi pencegahannya ???
  1. Nggak perlu punya Hp yg ada memory card nya, jadi nggak perlu beli yg ada camera.
  2. Nggak perlu moto-moto yg nggak guna, apalagi di zona pribadi, misalnya di dalam mobil pribadi.
  3. Jangan sampai lengah terhadap Hp Anda, kl perlu digantung di leher, agar tak kejambret.
  4. Sebelum merelakan Hp Anda dijual, ditukar, dihibahkan, pastikan foto/file yg ada di Hp tadi dihapus DAN sudah ditimpa (overwrite) dengan file-file lain yg "aman". Menghapus saja belum cukup, jadi mesti ditimpa lagi, kalau perlu berkali-kali. Bukan dengan bantal atau ulekan, tapi dengan file2 kelas berat (ukuran besar) spt mp3, mp4 dll.
  5. Terakhir, kalau masih ada sofwe bawaan dari manufacturer saat membelinya dulu, nah di RESET deh (program ulang) dengan sofwe bawaan tadi.

Trik 2 sampai 5 di atas juga berlaku utk kamera digital dan benda2 lain yg punya memori/disk.

Semoga bermanfaat.




1 comment: