Jan 24, 2010

Pasang Badan


Pejabat pelayan masyarakat yang bertanggung jawab.
Tidak perlu sembunyi dan siap bertemu muka dengan yang memerlukan.
Pelanggan yang tidak puas sila hubungi langsung kantor ini.
...
Hanya saja saya tidak berani jamin bahwa manajer nya memang ada di sana 24x7 :-)

Tobat Sambel

Waah, sambelnya pedes banget ki......... Kata Maula sambil terus melahap lalapan dan sambel cobek buatan istri Ki Bijak. Ki bijak tersenyum melihat tingkah polah Maula, katanya sambelnya pedes, tapi terus saja ia melahap sambel itu sambel mulutnya terus mendesah kepedasan.

Nak Mas, katanya pedes, tapi masih makan terus...? Kata Ki Bijak.

Abis sambelnya mantep banget sih ki..... Kata Maula.

Nak Mas pernah dengar istilah tobat sambel............ Tanya Ki Bijak.

Tobat sambel ki...? Tobat seperti apa itu ki.....? Tanya Maula.

Ya kayak Nak Mas makan sambel itu, pedes, pedes, tapi tetap makan terus...... Kata Ki Bijak.

Ada banyak orang yang bilangnya ingin tobat, sudah insyaf, tapi tak lama setelah itu, mereka mengulangi perbuatan dan kesalahan yang sama, tobatnya sebatas bibir saja, tobatnya sekedar ketika ia dalam kesulitan, ia tiba-tiba menjadi rajin berdoa, memohon kepada Allah, bertaubat kepada Allah, tapi setelah kesulitannya diangkat oleh Allah, ia kembali kepada perbuatan maksiat lagi..... sambung Ki Bijak.

Maula buru-buru menyelesaikan makannya, ia mulai tertarik dengan perkataan gurunya tentang tobat sambel.

Contoh nyatanya seperti apa ya ki ?

Seperti seorang maling ayam ketangkep basah sama hansip, kemudian ia diinterogasi oleh pak hansip, dengan memelas, kemudian ia mengakui kekhilapannya maling ayam, dan ia berjanji untuk bertobat dan tidak akan mengulangi perbuatan itu lagi, tapi setelah ia dikasihani kemudian dibebaskan oleh Pak Hansip, ia mengulangi perbuatan itu lagi, karena ia beranggapan bahwa toh nanti kalau ketangkap, ia juga bisa memelas dan menyatakan tobat lagi.

Diantara kita pun masih banyak orang yang seperti itu Nak Mas, kita pura-pura taat, pura-pura rajin ke masjid, pura-pura rajin sedekah, sekedar untuk mengelabui orang-orang disekitarnya, tapi ia lupa bahwa Allah tidak bisa dibohongi.

Lalu bagaimana seharusnya tobat yang benar ki...?

Taubat bukanlah sekedar berbicara bahwa saya bertaubat, tobat adalah pengakuan yang jujur dari dalam hati dan diri kepada Allah swt bahwa kita telah melakukan kesalahan, kita menyesalinya dengan penyesalan terdalam, kemudian lisan kita mengiringinya dengan istighfar, tobat adalah sebuah kesungguhan dari kita untuk tidak mengulangi kesalahan tersebut, dan jihad kita untuk memperbaiki diri.

Jadi menurut aki kata kuncinya kesungguhan kita untuk keluar dari kubangan maksiat, kesungguhan kita menjauhi kubangan tersebut, kesungguhan kita membersihkan kotoran yang masih melekat dalam diri kita dengan istighfar dan perbaikan diri secara nyata dan terus menerus

Allah mengancam mereka yang bermain-main, seperti mereka yang shalatnya rajin, maksiatnya jalan, seperti mereka yang rajin sedekah, korupsinya tak berhenti, mereka yang pandai mengaji, tapi ngomogin orangnya juga tak pernah lewat, dengan sebuah ancaman yang keras, yaitu neraka yang menyala.

Benar ki, ana sering mendengar orang yang mengatakan bahwa tobat sih nanti saja kalau sudah tua, atau tobatnya setelah menjadi kaya terlebih dahulu, atau setelah puas bermaksiat dulu, seolah mereka yang tahu dan yang menentukan usia mereka. Kata Maula.

Iya aki juga sering mendengarnya Nak, dan itu adalah sebuah kesalahan besar, karena seperti Nak Mas bilang tadi, kita tidak tahu sampai kapan jatah usia kita.Kata Ki Bijak: Kalau kita berkaca pada teladan agung kita, baginda Rasul, beliau senantiasa mendawamkan istighfar dalam kesehariannya, padahal sebagaimana kita maklum beliau adalah orang yang sudah dimaksum Allah atas segala salahnya (kalau ada), logikanya, kita yang masih bergelimang dengan maksiat dan dosa, harusnya lebih konsen dan lebih tergerak untuk beristighfar dan bertaubat atas segala khilaf dan dosa kita.

Lalu kenapa banyak diantara kita yang seakan enggan bertobat ki ?

Pertama, mereka tidak meyakini adanya hari pembalasan diakhirat kelak, sehingga ia berpikir, kenapa harus repot-report bertobat, toh hidup kita hanya didunia ini saja, pemikiran semacam inilah yang kemudian membuat orang dengan santai dan dengan sadar melakukan dosa dan kesalahan, dan inilah
sebenar-benarnya dosa, yakni ketika kita melakukannya dengan kesadaran penuh, yang berarti pula ia mengingkari keberadaan Allah yang Maha Melihat dan Maha Mengetahui, dan itu musyrik, Naudzubillah.

Kedua, mereka tidak menyadari bahwa apa yang dilakukannya adalah sebuah dosa, hal ini bisa dimungkinkan karena mereka benar-benar tidak tahu, bisa juga karena pengaruh lingkungannya.

Pengaruh lingkungan ki ?

Ya Nak Mas, ketika pertama kali kita melintas ditempat pembuangan sampah, secara reflek kita akan dengan segera menutup hidung karena bau sampah yang menyengat, tapi tidak demikian dengan mereka yang terbiasa tinggal disekitar tempat itu, bau busuk dari sampah tidak lagi membuat mereka menutup hidung, karena mereka sudah terbiasa dengan kondisi tersebut. Pun ketika kita pertama kali melihat kemunkaran yang kecil sekalipun, kita akan segera tahu bahwa itu salah, tapi ketika kita berada ditengah-tengah lingkungan yang korup, maka pungli dianggap hal yang wajar, suap dan sogok
dianggap biasa, atau bahkan korupsi milyaran rupiah menjadi suatu lumrah, sehingga mereka yang sudah terbiasa dtempat tersebut, tidak menyadari perbuatan dosanya, apalagi tergerak hatinya untuk menyesal dan bertobat.

Ki, bagaimana agar kita selamat dari muslihat lingkungan yang bau ?

Jangan pergi atau hindari tempat-tempat seperti itu Nak Mas, itu cara yang paling efektif untuk memproteksi diri kita untuk tidak tertular dan terjangkiti busuknya kemaksiatan. Kemudian kembangkan system kekebalan atau system imun dari dalam diri kita terhadap virus-virus kemaksiatan, yaitu dengan cara membekali diri kita dengan ilmu dan iman yang benar, insya Allah kita bisa terhindar dari kotoran maksiat yang bertebaran disekeliling kita.. Kata Ki Bijak. Selanjutnya ingat selalu bahwa kita akan mati, cepat atau lambat, kita pasti mati, dan kesadaran bahwa usia kita bukan tanpa batas ini, mudah-mudahan menjadi tameng bagi kita terhadap dosa dan maksiat.

Ki, kenapa Allah menyeru kita untuk segera bertobat ?

Allah samasekali tidak berkepentingan dengan taubat kita, seandainya seluruh manusia melakukan maksiat, kemudian mereka enggan bertobat, Allah tidak akan turun dari kedudukan-Nya sebagai tuhan semesta Alam, pun sebaliknya, kalau semua manusia taat kepada Allah dengan menjalankan semua perintah-Nya, itupun sama sekali tidak akan menambah apapun bagi Allah.

Jadi.. Tanya Maula.

Jadi seruan Allah kepada kita untuk segera bertobat adalah sebagai salah satu bentuh rahman dan rahimnya Allah, sehingga Allah menawarkan kepada kita magfirah-Nya yang tidak terbatas, agar ketika kelak kita kembali kepada-Nya, kita dalam keadaan suci, seperti ketika kita baru lahir dulu.

Hanya kadang sifat sombong kita yang kerap mengabaikan fasilitas ini, dan ini adalah sebuah kerugian yang besar sambung ki Bijak.

Maula menggangguk tanda mengerti, bibirnya terus bergetar mengucapkan istighfar, astaghfirullah rabbal baraya.astaghfirullah minal khothaya

--- disunting dari sumbernya Serial Ki Bijak ---
--- 7 Agustus 2007 ---

Jan 16, 2010

Pengumuman Umum

Dari judul papan pemberitahuan di mesjid ini saja sudah membuat tersenyum ... ya betul pengumuman umum. Jadi kata "pengumuman" saja belum cukup untuk menyatakan sifatnya yang umum :-)

Kejadian ini siang hari, saat mengantri toilet sebelum berwudhu untuk shalat Jumat. Di tengahnya selembar kertas peringatan yang ditempel pihak pengurus mesjid ... yang membuat siang itu makin berseri.

Mungkin dari beberapa orang yang mengantri hanya saya yang bukan orang lokal yang berbahasa Melayu. Namun mestinya bahasa Melayu dan bahasa Indonesia (yang jelas merupakan superset dari bahasa Melayu) tidak akan berbeda dalam hal tata bahasa nya.

Tak heran hanya saya sendiri yang tersenyum simpul membaca tulisan ini, sekaligus nekad mengabadikannya :-) Apa penyebabnya ?
  1. Kurang perencanaan antara maksud pengumuman dan susunan kata yang dipilih.
  2. Perlu tanda baca yang tepat.

Kedua hal di atas bagi saya menunjukkan penguasaan bahasa yang memprihatinkan. Mungkin saya usil untuk mengomentari sesuatu, sementara bagi orang lain hal ini sudah dapat dimengerti bahwa "memberi makan pada kucing dan burung itu tidak dibenarkan karena dapat mengotorkan mesjid dan mengundang penyakit" tanpa harus peduli penulisan yang benar hmm ... siapa yang (tega) memberi makan kucing dan burung dengan najis mereka sendiri :-(





Jan 14, 2010

FKMIS = Forum Komunikasi Masyarakat Indonesia Singapura

Diresmikan oleh Bapak Duta Besar RI untuk Singapura, Bapak Wardhana, pada 100110 di ruang Riptaloka KBRI .

Dalam acara yang dihadiri sekitar 400 tamu tersebut, tim formatur FKMIS resmi dibentuk. Kelompok masyarakat yang hadir terdiri atas beberapa utusan diantaranya:
- Pelaut Bhineka Tunggal Ika (PBTI)
- Hak Penata Laksana Rumah Tangga Indonesia di Singapura (HPLRTIS)
- Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB)
- Keluarga Universitas Indonesia (Keluarga UI)
- Ikatan Arsitek Indonesia (IAI)
- Perhimpunan Pelajar Indonesia di Singapura (PPIS)
- Indonesian Professional Association (IPA)
- Indonesian Entrepreneur Association in Singapore (IEAS)
- Masyarakat Kristen Indonesia di Singapura (MKIS)
- Buddhist Fellow
- Indoconnex
- Indosing
- Indosing-Mom
- Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
-
Kelompok Pecinta Indonesia i.e Minang (Singapore Minang Association), Bugis, Bawean (Persatuan Bawean Singapura), Jawa (Persekutuan Jawa al Masakin Singapura) .

Ini foto tim formatur nya (hmm yang saya kenal ada berapa orang ya ...)


Lebih jauh tentang FKMIS dapat dibaca dari pamflet yang diberikan kepada peserta (klik untuk memperbesar).



foto dari koleksi Ruly Achdiat

Nov 24, 2009

Hard Rock Bus !

Bus kota di sini benar-benar keras banget : ya body nya, goncangannya, dan in-house music nya. Makin tua, makin menjadi adalah istilah yg tepat ... supirnya makin ugal2an, ngerem mendadak, mengklakson sesuka hati, dan suara speaker nya itu lhoo mana tahan ... macam ada bioskop bollywood dolby stereo sepanjang jalan :-)

Tetap ada hal-hal yang baik, umumnya mereka menaikkan penumpang di tempatnya meski turun bisa dimana saja, ngetem sebentar dan jalan lagi, taat berhenti sebelum garis zebra, tidak ada pengamen/pedagang asongan seliweran di dalam dan kondektur nya memberikan karcis setelah penumpang membayar tiket. Tiket nya ada yang masih manual alias disobek dari bundelannya dan ada pula yg sudah memakai mesin otomatis yang disandang kondektur di pundaknya. Pak kondektur akan mengetikkan nama halte tempat naik dan tempat turun tujuan nanti, lalu mesin tsb akan mengeluarkan struk/karcis yg sudah tercetak data2 tadi termasuk tanggal/jam dan ongkos.

Biarpun ongkos bus kelipatan aneh-aneh macam 3, 5, 9, 12 rupees untuk bus2 pemerintah versi "hard rock" tadi, namun kondektur selalu mengupayakan uang kembalian.



This ancient thing is still working amazingly.


We are not talking contactless payment card or magnetic card here ! .

Pengalaman macam ini hanya ada di bus2 tempo doeloe saat saya masih SD di Jakarta dan mgkn kini sekelas BUSWAY di Jakarta. O..ya sebelum lanjut saya batasi dulu pengalaman ini hanya utk bus di kota Bangalore saat ini (nov 2009).

Intinya adalah amanah menunaikan kewajiban. Supir dan kondektur adalah pegawai pemerintah. Mereka mengenakan seragam coklat susu atau warna putih (untuk bus yg mahalan macam Volvo Vajra) meski kota ini cukup panas di siang hari. Tidak ada istilah rapat belakang, supir tembak, atau supir yang memutuskan untuk memutar alias tidak melanjutkan perjalanan ke tujuan krn alasan macet dan penumpang di bus tinggal satu atau dua orang. Jika memang jadwal bus jam 6 pagi maka memang ada bus itu, bila malam harus menunggu jam 11 lewat alhamdulillah masih ada juga, padahal hotel tempat tinggal sekarang jauh dari kota.

Alhamdulillaah letak hotel dekat dengan persimpangan rute bus yang mau keluar daerah, HOPE FARM nama simpang itu. Umumnya bus yg akan menuju kota (ada tiga interchange besar di pusat BLR: K.R Market, Majestic, dan Shivajinagar) lewat sana. Pengalaman pulang malam hari, sekitar 11:30, juga masih ada si Volvo 335E dari Corporation menuju Ladang Harapan. Bayangkan malam begitu kalau naik Auto (bajaj) kena 200 an (tarif resmi, jika tarif tembak lebih mahal lagi) atau taxi yang susah mencarinya dengan harga dua kali lipat pula pyuuh.

Hard Rock Bus and Conductor
Kondektur memegang peran penting terutama utk menagih bayaran dan memastikan penumpang dapat turun di tempat yg diinginkan, maklum saja jalanan itu berisik banget, bus penuh sesak (meski tak harus bergelantungan di pintu), dan nama halte sukar dilihat. Ada satu pengalaman saya terlewat satu halte dan alhamdulillaah penumpang2 lain cukup care meski dgn bahasa inggris pas-pasan mereka membantu saya memberitahu sang kondektur utk turun di halte selanjutnya. Kondektur memastikan bahwa deretan kursi utk WANITA sekitar 3-4 baris di belakang supir, memang diduduki wanita. Kondektur membawa lengkap peralatan tempurnya: bundel karcis beraneka harga dan warna, tas selempang kulit kecil, pulpen, dan sempritan (pluit). Pluit ini amat berguna utk memberitahu supir memberitahu supir atau sebagai alat aba2 lain di tengah kemacetan.

Bus2 buatan Tata atau Ashok Leyland cukup terawat meski kumal/berdebu di dalam, kaca jendela yang kusam dan lebih sering sukar digeser, dan tiang besi berkarat nampak di sana-sini. Mesin bus/truk ini cukup tangguh, sejauh ini belum pernah lihat gajahsaurus jalanan ini terdampar mogok kepanasan/terbakar di jalan. Jika terjebak macet atau lampu trafik yang masih lama (mungkin 3-5 menit menunggu) para supir lebih suka mematikan kendaraannya. Start engine lagi, tak masalah, langsung vrrrooooam melaju tanpa harus kesulitan. Hebat juga kendaraan2 dua mata bertampang sangar ini :-)

23:33 BLR time.(Last Volvo Bus maybe, see ticket Rs 50)



Kesulitan yang terasa saat ini adalah jadwal bus yg tak dapat diprediksi. Kadang ngebut banget dan mengerem mendadak bila harus. Badan terlambung krn supir yg tak sempat mengerem di depan polisi tidur (humps). Gila ! Ini bus badan dan interior nya keras banget. Lain repotnya adalah jarak antar kursi yang sempit dan bus yg kurang bersih krn debu. Tambah lagi hingar bingar musik dan percakapan penumpang lain yg harus bercakap keras akan membuat tambah suntuk di tengah kemacetan kota.

Tarif bus

Tarif bus rakyat "really affordable" dari 3-12 rupees, no aircon, with ash dan dust and full house music. Tarif bus volvo ber AC mulai dari 10 - 50 rupees utk jarak maksimum 25 km (it is expensive but comfortable with most of the conductors know English, helpful, and know its route well). Pengalaman jadi turis selama ini memang lebih aman naik kendaraan umum macam bus atau kereta/metro/mrt krn insya Allah aman sampai tujuan dengan ancar-ancar daerah yg kita dapat baca dari peta.

335E Corporation to Ladang Harapan


Yang AC, Yang Lebih Baru dan Nyaman. Lebih sedikit penumpangnya karena jalurnya tertentu dan tarifnya hingga 3-4 kali lebih mahal (lihat gambar).








Penutup cerita, seperti dikatakan kawan2 di kantor sini, bus umum itu reliable dan aman sampai tujuan. Meski menunggu di malam hari sampai sekitar pukul 11-12 malam akan masih ada bus. Persoalannya berapa lama nunggu nya dan apakah bus itu menuju tempat yang diinginkan :-)



Interior di Vajra Volvo, pak kondektur dengan mesin karcis (lihat gambar)







Bonus gambar penutup, sebuah bus swasta: full color, full music, and sometimes with kalungan bunga di hidungnya (lihat gambar).