May 22, 2011

Arihna bi sh-shalah

Sungguh karunia Allah SWT dan keberuntungan yg amat besar apabila seorang muslim dapat menemukan tempat shalat (mushalla/masjid) di lokasi yg sukar/hampir mustahil ditemui di negeri2 muslim minoritas. Lebih khusus lagi di tempat2 populer yg banyak dikunjungi, baik karena di lokasi perkantoran, pertokoan, rekreasi dll.

Bagi yg sudah sering mondar-mandir di kawasan Orchard Rd Singapura tentu sudah kenal lokasi masjid al-Falah di sisi kanan The Paragon. Kaki pegal, badan berkeringat sehabis maraton di sepanjang Orchard dapat langsung masuk
pitstop. Berpahala, menyejukkan airnya, tak terbatas waktu, dan bahkan ada water dispenser gratis pula.

Pitstop dalam ukuran mini juga saya temukan di kawasan paling populer bagi kawula muda Bangalore yaitu di MG Road. Siapa yg tak kenal dengan jalan besar dan panjang Mahatma Gandhi (MG) di jantung kota ini. Di sisi kiri jalan, dimana banyak toko-toko tersebar, tampak sebuah gedung antik besar nan kokoh bernama Barton Center. Di lantai satu (sebenarnya satu lantai di atas basement/lantai dasar), pojok kiri gedung dapat ditemukan sebuah ruangan yg dijadikan mushalla permanen. Jika malas naik tangga pakai saja lift kapsul yg ada di tengah2 gedung. Buka lima waktu sehari, lengkap dengan toilet dan tempat wudhu di dalamnya. Bingung tempatnya, tanya saja satpam gedung yg biasa mojok di gerbang masuk.

Saya menemukan tempat ini akhir 2009. Pulang cuci mata di MG Road dan browsing buku di toko legendaris
Higginbothams, tanpa sadar waktu 'Asr sudah masuk sekitar satu jam. Cek di peta, memang ada mesjid besar, tapi jauh dari sana (masjid di sekitar terminal bus Shivajinagar). Alhamdulillah beberapa pria yg memakai kupluk (kopiah) haji, yg menjadi ciri khas muslim India, sedang banyak mengobrol dekat sana. Saya tanyai mereka dan jawabannya melegakan, ada mushalla dekat sana ! Penat hilang dan kewajiban Zuhr-'Asr pun tuntas.

*****

Kemarin napak tilas kembali dilakukan meski mendekati gedung tadi dari arah yg berlawanan.
Sorenya saya mengunjungi Visvesvaraya Industrial & Technological (VIT) Museum, di tepi kawasan taman hijau kota yg amat luas
Cubbon Park, di sisi jalan Kasturba Road. Menjelang Maghrib, saya meninggalkan museum langsung menuju arah MG Road. Macet spt biasa dan saya lebih memilih jalan santai (meski berdebu dan bising kendaraan menyisiri jalan Kasturba) sekitar 15 menitan untuk mencapai simpang MG.

Mampir dulu di toko buku yang baru sempat didatangi pada kunjungan kali ini. Namanya
Gangarams, lokasinya bbrp puluh meter dari Higginbothams. Setelah puas (baca: capek) melihat koleksi bukunya yg menggunung di lantai 2 dan 3, saya kembali menuju mesjid Barton :-) Menunaikan Magrib dan Isya sambil berehat, menyiapkan tenaga untuk pulang ke hotel.

Lepas Isya, MG Road kembali ditapaki, belok kanan memasuki Brigade Rd dan stop di Kohinoor Restaurant (di seberang Kfc) untuk dinner malam ini. Sekali lagi alhamdulillaah ! Memang benar ungkapan Rasulullah SAW itu ... “
Arihna bi `sh-sholah, ya Bilal. Istirahatkan kami dengan sholat, wahai Bilal!”

(*) foto Barton Center diambil di sini.

No comments:

Post a Comment