Oct 3, 2013

Kelas Cuci Gudang (it was ...)

Saya kuliah subjek ini semester ketiga di Institut Teknologi Bandung. Dosen nya berkacamata, kurus, tinggi dan hampir botak. Nyentrik mengajarnya bermodalkan beberapa helai kertas catatan pribadi di tangan kiri dan kapur di tangan kanan. 


Corat coret dengan tulisan tangan ala kadarnya di papan hitam. Mulutnya mengoceh istilah-istilah yang tidak diminati di jam-jam setelah makan siang tsb. Turunan dan integral mulai lipat satu hingga lipat tiga, mulai yang ramping, sampai yang memakai ikat pinggang, dengan variable favorit x, y, z, μ, ε, q, t memenuhi papan hitam.  Sesekali menghapus kembali papan yg hampir penuh tanpa bertanya apa penonton sudah menyalin karya seni tangannya tsb :-)

Terbukti kelas tsb FAVORIT , di kuliah pertama dan saat ujian akhir (UAS) nanti !

Kelas cuci gudang kata mahasiswa. Kelas yg sarat dengan mahasiswa senior yang belum berhasil lolos dari nilai D atau E untuk lulus level sarjana muda. Maklum kuliah ini wajib meskipun dosen nya impor dari jurusan lain ... Fisika. Jurusan yang ngeri-ngeri-sedap, karena kuliah-kuliah impornya sering jadi batu sandungan kelulusan.

Seingat saya dia tak pernah memberi lembar materi untuk di fotokopi. Judul buku yang dipakai referensi pun hanya diberikan sekali di awal kuliah. Intinya terserah boleh pakai apa saja yang penting nyambung. Bertanya terserah kapan saja dan Anda pun terserah mau mengerti jawaban dia atau tidak :-(

Seingat saya juga kuliah ini tak pernah memberikan kuiz, pekerjaan rumah, dan hanya sekali UAS. Makanya mahasiswa hanya ramai fii awwali wal-akhiri. Nilai akhir jangan ditanya ... rapat kanan pemirsa. Artinya tahun depan lebih banyak lagi mahasiswa yang akan ambil kuliah ini, jika ternyata, tahun ini "cuci gudang" batal dilaksanakan :-)

***

Ngebut 20 tahun lebih ke masa kini. Begitu banyak kursus online GRATIS tersedia. Mau yang tinggal tonton profesor mentas di youtube atau yang mirip kelas beneran pakai silabus, kuis, PR, dan sertifikat lulus. Bedanya dengan kelas biasa, mahasiswa hanya dapat bertanya via email atau mungkin chatting di luar jam tayang. Maklum yang real-time atau live jarang, kecuali ikut kelas jarak jauh / online yang bayar. 

Judul yang persis dengan kuliah saya di awal tadi ada. Lengkap mau diunduh (download) materi, video, dan pekerjaan rumahnya. Tinggal kemauan untuk menyelesaikan sesuatu yg telah dimulai sesuai T&C yang disepakati dan kemampuan dengar/baca bahasa Inggris. Pilih materi apa saja, mau batalkan kapan saja, tanpa mengganggu kredit/IPK.

Apa sudah ada yg versi bahasa Indonesia nya ?

Benar2 kemajuan zaman yang memudahkan orang mengajar dan belajar kapan saja, dimana saja, dari dan untuk siapa saja. Semoga tak ada lagi kuliah di Indonesia yang harus "cuci gudang" karena sekarang mahasiswa boleh dapat ilmu-ilmu bagus yang murah ini dengan mudah.

*Elektrisitas dan Kemagnetan

Pustaka kuliah online bebas bayar:
coursera.org, edx.org, uopeople.orgocw.mit.edu, udacity, khanacademy,  dan berbagai kuliah yang disajikan di situs universitas atau situs pribadi dari profesional/profesor yang dipublikasikan umum.


No comments:

Post a Comment