Oct 10, 2005

6 Ramadhan 1426




Flat kami di kota Singa ini tidak terlalu jauh dari kompleks Masjid Muhajirin. Mesjid pertama yang didirikan MUIS (MUI nya Singapura) di utara Singapura, tepatnya di daerah Toa Payoh - Bishan. Gedung MUIS ini ada di sebelah mesjid (lihat foto).

Dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 10 menitan, namun perlu ekstra tenaga untuk menaiki overpass (jembatan penyeberangan) yang melintasi jalan besar Braddel Rd. Jembatan ini di bangun mengingat sudah banyak korban akibat menyeberang tanpa hati-hati. Bayangkan saja enam jalur di bawahnya !


Kemudahan memperoleh informasi lewat internet turut membuat semarak informasi tentang masjid-masjid di Singapura. Coba saja tengok lelaman www.mosque.org.sg ... indah kan :-). Jauh sebelum masjid ini berdiri memang telah banyak surau/langgar dengan nuansa kampung namun kapasitas jamaah nya tidak banyak. Di awal April 1977 mesjid ini resmi di buka, warga Islam tempatan begitu gembira, mengingat inilah mesjid pertama yang di bina dengan memanfaatkan sokongan dana Tabung Pembinaan Mesjid (MBF = Mosque Building Fund).

Malam keenam ini jamaah shalat tarawih masih ramai. Alhamdulillaah ada empat shaf yang istiqamah menunaikan 23 rakaat (10x2 + 2 + 1). Meski imam tarawih nya bergiliran tiap dua hari namun bacaan ayatnya standar mengikut Juz Amma dari at- Takatsur hingga al-Lahab.

Mungkin awal tahun depan mesjid ini siap direnovasi besar-besaran dengan program Hijrah-2 nya. Akan didirikan mesjid lantai tiga, gedung MUIS, dan sekolah madrasah al-Irsyad. Madrasah ini sampai sekarang masih menumpang di lokasi lain.

No comments:

Post a Comment