Oct 22, 2005

Syarat Menggapai Takwa

Assalaamualaikum wr wb,

Iftar bersama IMAS 22 Oktober 2005
Lokasi: Sims View #16-02
Agenda

(1) Tilawah Quran dan Terjemahan
QS Yusuf 104 - 111
(2) Nasehat (Tausiyah)
Topik: Syarat-syarat menggapai takwaPemateri menerangkan enam syarat yang diperlukan untuk menggapai derajat takwa di sisi Allah SWT
(2.1) Ikhlas

- Keikhlasan mutlak harus dimiliki dalam setiap rangkaian kegiatan. Berniatkan segalanya hanya karena dan untuk Allah.

- Tidak mensekutukan Allah dengan tandingan lain dan memurnikan ketaatan hanya pada Nya.- Disebutkan dalam beberapa ayat seperti: QS Az Zumar 2 dan Al Bayyinah 5

- Shaum/Puasa Ramadhan adalah kesempatan terbaik bagi kita untuk mendidik sifat ikhlas karena dalam melaksanakan shaum amatlah kecil celah untuk kita berbuat riya (pamer bahwa sedang berpuasa). Ganjaran shaum Ramadhan adalah langsung dari Allah SWT dan tiada yang mengetahui betapa besar nilainya.

- Ada dua kebahagiaan yang akan diterima oleh orang yang melaksanakan shaum:

(1) Kebahagiaan saat berbuka setelah shaum sepanjang hari. (2) Kebahagiaan di hari akhir saat bertemu Allah (Rabb Sang Pencipta) dan mendengarkan pahala shaum tsb. Kebahagiaan nomor

(2) adalah kebahagian yang paling utama yang diharapkan orang-orang bertakwa.

(2.2) Berorientasi hari akhir

- Allah berfirman di dalam QS Yusuf 109 "... dan sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memikirkannya? ".

- Rasulullah SAW bersabda, ''Orang yang cerdas adalah orang yang pandai menghisab dirinya di dunia dan beramal untuk kehidupan setelah mati sedangkan orang yang bodoh adalah orang yang dirinya selalu mengikuti hawa nafsunya dan hanya suka berharap kepada Allah tanpa melakukan apa-apa.'' (HR Tirmidzi).

- Pilihan-pilhan dalam hidup seperti dalam mencari kerja, istri, jenis hiburan haruslah berpedoman kepada hari akhir dan bukan untuk kesenangan jangka pendek sesaat saja.

(2.3) Qanaah

- Merasa cukup dengan apa yang diberikan Allah SWT.

- Qanaah adalah awal dari proses syukur (QS Ibrahim 7).

- Menghindari menumpuknya sifat rakus, taba, dan lomak dalam hati (QS at Takatsur)


Sebenarnya ada tiga syarat lagi yang ingin disampaikan namun karena azan berbuka puasa hampir tiba maka pembahasan dicukupkan sampai di sini. Insya Allah akan dilanjutkan dalam kesempatan pertemuan yang akan datang.


(3) Diskusi

(Q1) Makanan, minuman, dan istri menjadi "haram" di siang hari bulan Ramadhan.

(A1) Maksud di sini adalah perbuatan memakan, meminum, dan berhubungan suami istri nya yang diharamkan.

No comments:

Post a Comment