Jul 6, 2008

Kartu-kartu Wajib di Singapura

spam002

Kartu-kartu wajib untuk tinggal di Singapura dalam waktu lama semisal lebih dari satu bulan. Tiap kartu memudahkan pergerakan dan aktivitas. Senarai yang saya punya berdasarkan prioritas:
  • ezLink: kartu sakti yang dapat dipakai mulai dari transport (bus, MRT/NEL), bayar denda di perpustakaan publik PL, warung 7Eleven, makan di McD, , beli minuman di vending machine, dll). Lupa bawa ezLink artinya siap untuk membayar lebih bagi transport di hari apes tsb :-). Saat ini harganya $15 ($5 adalah harga kartu dan umur berlakunya 5 tahun) dan dapat dibeli atau diisi ulang di stasiun2 bus atau MRT.
  • NETS (Network for Electronic Transfer) semacam kartu debit. Uang plastik yang membuat dompet menjadi lebih tipis karena tak perlu bawa uang tunai kemana-mana. Aman dan dapat diandalkan, diterima di ribuan toko atau tempat pembayaran di merata pulau ini. Termasuk dapat dimanfaatkan di luar negeri (tentunya dengan biaya transaksi) pada merchant yang memakai logo Cirrus atau Maestro. Untuk mendapatkan NETS maka pemakai harus memiliki rekening tabungan di salahsatu bank lokal di Singapura semacam DBS, UOB, OCBC, SCB.
  • Kartu telepon murah ke luar negeri. Ini pakai VoIP dan jauh lebih murah dibandingkan memakai 019/018/008/001. Kualitasnya lumayan dan "hanya" $10 (tarif resmi) , malahan di warung-warung pinggir jalan bisa lebih murah $1 - 1.50. Contohnya kartu HELLO dari Singtel, 1538, zone1511, dan seabrek kartu-kartu model begini. Masing2 mengklaim mereka lebih murah untuk negara-negara tujuan tertentu :-)
  • Kartu telepon: diperlukan terutama saat tak punya handphone (HP hilang, batere nya habis, rusak, atau memang beneran belum punya), kebetulan pulsa HP habis, atau tak dapat sinyal seperti saat malam tahun baru atau di tengah keramaian SALE di Orchard. Contohnya dari Singtel yang berharga $5 atau $10.
  • Kartu perdana SIM. Ini jauh lebih rumah dibandingkan bayar biaya roaming internasional khusus untuk tinggal di atas dua minggu di sini. Masa berlakunya 6 bulan. Selama belum ingin ganti nomor, tentunya kartu ini cukup dibeli sekali saja. Contohnya GREEN prepaid dari Starhub.
  • Kartu isi ulang (top up SIM card), meski tak harus berbentuk kartu (semacam pulsa elektrik gitu), yang digunakan untuk menambah pulsa. Bila kita memiliki rekening bank di Singapura dan terhubung dengan jaringan NETS, maka pulsa juga dapat diisi ulang di mesin-mesin ATM.
  • Cashcard berguna untuk belanja, bayar ERP dan parkir untuk pemilik mobil, bayar denda di perpustakaan, dll. Mirip dengan kartu debit NETS, namun ia tak membutuhkan otorisasi PIN dari pemakai (jadi jangan sampai hilang, karena siapa saja dapat memakainya). Dapat diisi ulang di mesin-mesin ATM yang menerima NETS.
Kartu-kartu di atas tidak mengikutsertakan kartu tanda pengenal semacam WP/LTP/Student Pass/EP/DP/IC dan jelas tidak mencantumkan kartu akses masuk ke kantor masing-masing :-)

No comments:

Post a Comment