Feb 9, 2013

[Ringan] Tidur Bayi adalah Perjuangan

Suasana paling tenang bersama DuoS adalah saat keduanya tertidur pulas. Saya mengamati di usia keduanya yg masih pra 1 tahun ini, tidur pulas adalah perjuangan. Perjuangan juga untuk ortunya :-) Nikmat tidur hanya datang dari Allah Swt, ini saya yakin benar. Sebagai ortu, kami merasa kasihan kalau anak-anak ini sudah rewel ingin tidur namun belum bertemu PW (posisi wenak) untuk tidur. Mereka jadi rewel mungkin karena pusing nggak jelas.

Seperti halnya bagi orang dewasa, tidur amat penting bagi balita. Pada saat itulah otak mereka memiliki cukup waktu untuk tumbuh dengan cepat menata memori, stimulus dan pengetahuan baru yg diterima saat balita terjaga. Selain itu hormon lebih cepat memacu pertumbuhan organ tubuh, metabolisma, dan penggantian sel-sel rusak di kala tidur. Di salah satu tulisan yg saya baca tidur yg cukup adalah modal utama bagi bayi untuk kekuatan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Kadang sudah berbagai cara untuk membuat mereka tertidur, namun tetap saja menggelinjang dengan mata tetap bulat atau meronta dengan tangisan. Kalau sudah begini perlu digendong atau diayun (memakai alat bantu seperti buaian atau vibrating/swing chair yg bisa diiringi musik pengantar tidur. Dibacakan tasbih, shalawat, atau surat-surat pendek. Tak heran mama nya kini sudah mampu bertasbih dengan berbagai irama yg disukai DuoS :-) Lampu pun ditemaramkan dengan sirkulasi udara yg baik. Menyeka keringat di kepala mereka bila ada atau perlu dibantu sebotol susu hangat 120 ml bila memang sudah dekat jadwal minumnya. Minum air hangat pun sangat dianjurkan.

Kadang berhasil, kadang masih gagal. Salah seorang membuat "keributan" (baca: nangis/merengek) atau justru gelak terkekeh melihat kembarnya yg berusaha tidur sehingga membuyarkan prosesi tadi. Ada juga yg terlampau aktif sehingga kedua pasang mata tsb tetap terang benderang meskipun sebelumnya sudah ngantuk berat. Suasana baru, lampu yg lebih terang dari biasa, atau suhu kamar yg terlampau sejuk karena AC dapat membuat kantuk hilang tiba-tiba. Kadang ibu atau bapak DuoS sudah letih dan tertidur lebih dulu ... dan anak menyusul kemudian (one of the way to make them sleep is to pretend to sleep) he..he..

Saat mereka benar-benar tertidur sangat tenteram suasananya. Ada kawan mengomentari seperti ini "kalo baby2 melek kita sibuk nidurin.,, kalo udah tidur gini gemez ngeliatnya pingin bangunin.." Saat ini DuoS tidur 12-14 jam sehari dengan tidur malam yg paling panjang yaitu dari jam 9 sampai jam 9 pagi berikutnya. Kadang ada yg terbangun krn haus tiap 3-4 jam.

Sungguh benar Allah dengan firman Nya: "dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat" (Qs an Naba 9).


Duo pustaka:
(2) Pastikan.2.Fase.Tidur.Bayi.Terpenuhi

No comments:

Post a Comment