Oct 3, 2013

Nggak modal di zaman internet murah

Meneruskan tema yang sama dengan kelas-kelas online gratisan pada tulisan sebelumnya, kali ini saya menemukan dua aplikasi gratis yang lagi-lagi diperoleh dengan bermodalkan koneksi internet.

Beruntunglah mereka yang punya akses internet cepat, stabil, dan murah di tempatnya.

(1) Mau unduh film dari youtube agar dapat dimainkan secara offline tanpa bayar ada youtubeinmp4.
TOS yang tercantum di sana sederhana saja:
- Copyrighted material is not allowed to be downloaded.
- The downloads are requested by the user, please read about DMCA.
- Files downloaded from YouTubeInMP4.com are not allowed to be redistributed.
- All files are for your personal use only.
- Videos will deleted and banned immediately upon your request.



Jadi video selayaknya hanya untuk konsumsi pribadi dan tidak disebarluaskan.

(2) Aplikasi compile-and-execute (code/script) apa saja secara online, gratis ! Compileonline ini buatan Mohammad Mohtashim seorang programmer muslim India. Subhanallah.

Saya pikir situs ini amat cocok bagi mereka yang sedang mencoba belajar bahasa program / script baru atau sekedar menguji logika / program sederhana. Tulis program di jendela aplikasi sebelah kiri (boleh juga copy-paste dari editor apa saja di komputer Anda), tekan tombol Compile and Execute, dan lihat hasil eksekusi di jendela kanan. Voila, terlihat hasilnya atau masih ada kesalahan. Hebatnya lagi, aplikasi ini juga dapat membangun (build) program yg terdiri dari beberapa source dan include files.

Memang di komunitas open-source, memakai OS gratisan *nix macam Linux/FreeBSD, berjejer compiler /linker/interpreter (gcc, perl, tclsh, python ...) sudah tersedia secara gratis. Hanya saja siapa yang punya akses ke mesin-mesin *nix tsb setiap saat ? Apalagi kalau harus mengunduh dan menginstal terlebih dahulu aplikasi2 tsb.sebelum dipakai :-)

Like this !

Edited 6 Oktober 2013:
(3) Download youtube playlist dengan 4k video downloader. Unduh dulu aplikasinya, install, dan mainkan. Lumayan mengumpulkan video MP4 untuk si kembar :-). Contohnya video kelompok Alif belajar Iqra ini.


1 comment:

  1. kunjungan malam.....izin nyimak blognya ya...doa kami, semoga kesuksesan selalu menyertai anda sekeluarga...aamiin :)

    ReplyDelete