Mar 24, 2010

Montir Peti Sejuk di Singapura

Berawal dari kejadian malam minggu, tanpa disadari ternyata kulkas yang sudah lebih 3.5 tahun mengabdi ini, tiba-tiba hening tanpa alasan. Usia pakainya mungkin lebih tua lagi mengingat saat diperoleh bukan dari kondisi baru, jadi maklum bila sekarang ia memulai rewel pertama nya :-)

Diteliti sebentar, tak ada masalah dengan listrik karena lampu di dalamnya tetap menyala, namun mengapa kompresor yang biasa berderun dan menggeram itu kini hening tak bernyawa. Curiga kompresor itu sudah ajal, namun tak mungkin secepat itu karena hari-hari sebelumnya ia tetap perkasa tanpa menunjukkan tanda-tanda mogok.

Mbah google ditanya, tapi tak ada yang memuaskan, mungkin karena kata kunci yang kurang pas. Salahsatunya bertemu ini di repairclinic.com, namun belum membantu saya karena banyak detail yang mengarah kepada memanggil montir.

Cari juga lewat youtube, meskipun bertemu dengan dua video yang jauh dari cocok untuk reparasi instant namun lebih tepat untuk merancang kulkas baru. Video nya menarik dan kalau ada waktu saya berminat mengunduhnya (download).
OK, kembali pada masalah, ini sudah hampir 12 jam tanpa kulkas. Barang-barang yang masih ada di dalam terpaksa diselamatkan. Iklan reparasi dari koran sedang diteliti, hari Minggu agak sulit untuk memanggil montir yang bersedia datang. Terus terang mengamati dinding freezer bagian atas itu bingung juga, tak terlihat bagian2 isi perut kulkas tsb, dimana mereka tersembunyi ?? Yang tampak hanya kompresor bulat hitam di bagian belakang bawah kulkas, namun feeling masih tak percaya bahwa kompresor itu yang rusak.

Rencana temu janji baru dapat terlaksana hari Senin jam 4 sore, berarti lebih 44 jam sejak kulkas ini mati. Seorang montir melayu yang tampak berpengalaman dari caranya bekerja dan menerangkan mulai beraksi. Rupanya isi perut freezer itu ada di dinding belakang bagian dalam, untuk membukanya cukup ditarik dengan tang (plier) setelah rak es batu yang menghalangi dinding dibuka. Kesimpulannya defrost heater pecah (elemen pemanas yang dibungkus dalam gelas slinder kaca sepanjang 14"), sehingga kabel yang menghubungkan heater di salah satu sisi putus. Unit ini diperlukan untuk menghancurkan bunga es, dan kompresor tak akan bekerja jika unit ini putus. Ini semacam tindakan pencegahan dari rancangan kulkas.

Encik Amin menyebut total transport + ongkos kerja + penggantian alat, tak bisa ditawar. Jika tak setuju, cukup bayar uang transport $20 (biasanya montir lain hanya $10 saja). Kami setuju dan 15 menit kemudian selesai, alhamdulillaah kulkas kembali normal. Beliau sempat menunggu sekitar 30 menit di rumah untuk memastikan bahwa segalanya berjalan baik. Alat dijamin selama 3 bulan !

Montir ini direferensikan oleh makcik H tetangga karib kami. Makcik mewanti-wanti agar jangan sembarangan memanggil montir karena sudah banyak kasus penipuan yang mencekik leher konsumen karena alasan yang dibuat2. Memang kewaspadaan itu perlu dan ada saatnya rezeki montir itu lewat uang kita juga :-) Saya kutipkan guideline untuk memutuskan apa ongkos reparasi yang akan dilakukan masih masuk akal dari salahsatu situs:
If the part that is needed costs more than one quarter of the original price of the fridge, then you should probably just get another one.
Memang cerita ini kisah nyata dan tidak seunik kisah teladan sepanjang masa Knowing Where to Tap. Kebetulan saya cocok dengan panduan di atas, dimana harga reparasi tidak lebih mahal dari 1/4 atau mungkin hanya 1/6 dari harga kulkas baru. Insya Allah lancar jaya ke depannya.

Sebagai tukang insinyur yang tak pernah ikut kursus reparasi pendingin tentunya kesulitan memahami nama2 komponen yang ada (memang tidak punya literatur), tak ada pengalaman step-by-step troubleshooting, kurang perkakas, dan cara mengakses komponen yang rusak tsb. Bila target komponen yang rusak sudah diketahui pun, persoalan berikutnya adalah kemana mencarinya. Padahal jika sudah jelas kata kuncinya, semacam defrost heater, maka informasi saat mencari di internet pun akan lebih akurat, seperti ini.






No comments:

Post a Comment