Oct 13, 2010

Pustaka Alam, Pustaka Ilmu, Tira Pustaka


Waktu SD kelas 5 atau 6 dulu rasanya kagum banget melihat koleksi buku2 hardcover macam begini. Gambarnya bagus-bagus dibandingkan buku paket sekolah yang penuh huruf dan gambar hitam putih saja. Saat itu memang belum banyak penerbit atau penerjemah yang membawa buku-buku seri ilmu pengetahuan macam ini ke tanah air. Padahal isinya "kalau dibaca serius"cukup berat untuk anak SD.

Awalnya saya melihat satu judul buku ini, entah saat pameran atau Papa yang membelikan, judulnya Manusia Purba. Memang saat itu sedang keranjingan segala sesuatu yg berbau purba: baik hewan atau manusia dan alhamdulillaah hadir buku tsb di rumah. Tak henti2 nya bolak balik mengamati berbagai gambar di sana. Kadang-kadang di hari Jumat atau Sabtu saya bermain ke rumah kawan akrab yang memang dekat sekolah, eh lihat lagi deretan buku yang menakjubkan ini di etalase lemari buku di ruang keluarga nya. Tersusun rapi mungkin belum pernah dibuka sama sekali ! Yah kebetulan orang tuanya amat mampu untuk membelikan satu set lengkap buku-buku koleksi Tira Pustaka ini. Hmm ... buku2 itupun tak dijual bebas di toko buku, mau pinjam pun khawatir takut kotor atau sobek, hingga saya hanya berani baca saat di rumahnya saja. Lalu muncul ide untuk membeli lewat salesman yang biasa memasok buku2 tsb ke rumah kawan ini tiap bulannya. Ide ini pun dapat terlaksana sehingga keinginan si Iman kecil terpenuhi :-)

Rupanya spt sudah diduga, buku-buku ini mahal (untuk ukuran uang jajan saya saat itu). Kalau tak salah di tahun 1983-4 tsb satu set buku tsb seharga Rp. 300 ribu rupiah (ada 20 buku semuanya untuk masing2 Pustaka dan memang peraturannya harus beli minimum satu set). Jelas cukup besar nilainya saat itu, mungkin tabungan Papa satu bulan pun langsung habis untuk kebutuhan tertier ini he..he.. Akhirnya saya menyeleksi dari kedua pustaka tadi, memilih judul mana saja yang diminati dari katalognya. Intinya judul2 yang berhubungan dengan alam semesta, teknologi, dan matematika ... 15 judul. Saya berikan judul2 tsb berikut nama dan kontak telepon salesman tadi ke Papa. Alangkah senangnya saat beberapa hari kemudian Papa pulang dari rapat beberapa hari di hotel dengan membawa ke 15 buku tsb di dalam koper kerjanya ke rumah.

Itulah kasih sayang seorang bapak untuk kemajuan ilmu pengetahuan anak kandungnya. Semua uang yang diperoleh dari uang saku selama beberapa hari rapat di luar dibelikan buku ! Padahal Papa mungkin bisa saja bertanya, apa memang saya berminat untuk membaca buku2 tebal dan belum tentu konsumsi untuk anak SD tsb :-)


Beberapa tahun kemudian keluar lagi edisi buku2 tebal yang lebih mudah untuk dibaca, lebih banyak ilustrasinya, dan mungkin lebih baik untuk pemahaman anak2 seusia SD. Contohnya saja serial "Apa dan Mengapa" dan "Khazanah Pengetahuan Anak-anak". Sayang juga, seiring dengan perjalanan waktu, beban pelajaran dan tugas sekolah (SMP/SMA) makin bertambah. Buku2 tebal ini semakin jarang dibaca mungkin karena (1) tidak berhubungan dengan pelajaran sekolah, atau (2) isinya yang kelewat tinggi. Baru di saat kuliah saya mulai berani membaca lagi buku2 tsb. Tampak di gambar di atas buku2 ini dapat terawat dengan baik, semoga anak2 dan kemenakan2 tergerak hati untuk membacanya juga.



No comments:

Post a Comment