Feb 1, 2012

Yu Sheng Halal

Yu Sheng

Yu Sheng dalam bahasa Cina bermakna panjang umur dan murah rezeki adalah hidangan 'wajib' yang disediakan dalam perayaan Tahun Baru Cina khususnya di Singapura dan Malaysia (wiki). Yu Sheng tradisional adalah campuran sayur-sayuran berwarna-warni seperti kol merah, paprika merah, kol putih dan timun, yg disajikan segar atau sudah direndam jeruk. Bahan-bahan ini diiris halus dan diletakkan secara berkelompok dalam sebuah pinggan atau piring besar bersama kacang tanah yang ditumbuk, biji wijen, aneka crispy snack pelengkap,  dan irisan ikan mentah seperti ikan salmon, tuna ataupun ikan pedang. Disertakan pula minyak wijen dan saus plum sebagai perasa. Sebelum dimakan kesemua campuran tadi diaduk, lalu Yu Sheng dilambungkan setinggi mungkin dengan memakai sumpit (chopstick),  karena dipercayai sebagai meraih kebaikan. Kemudian
Yu Sheng akan dimakan bersama-sama rekan-rekan yg telah mengelilingi pinggan tsb (dengan memindahkannya ke piring-piring kecil). Setelah habis, lanjut ke menu utama, mana kenyang makan irisan sayur saja :-)

Lima tahun belakangan ini semakin mudah untuk mendapatkan Yu Sheng yg halal, baik itu dijual di supermarket dengan harga mulai dari belasan dolar (S$) atau yang disediakan di hotel/restoran dengan harga hingga ratusan dolar kerana memakai bahan-bahan yang eksotik seperti ginseng atau abalone. Yu Sheng "mudah" memperoleh sertifikat halal krn bahan utamanya berupa sayuran, kacang, dan ikan. Namun patut diperhatikan snack, minyak atau saus apa yg dipakai dalam persiapan.

Bagi masyarakat Cina, mahal ataupun murah, tujuan Yu Sheng adalah sama yaitu meraih kebaikan seperti kekayaan, perniagaan yang lebih maju, atau beroleh keturunan yang baik, sekaligus menyambut kedatangan tahun baru dalam kalendar Cina. Sebelum usai dari acara Yu Sheng di kantor biasanya boss menghadiahkan dua jeruk Lukan Mandarin dan satu amplop merah Hong Bao berisi uang kertas $2.

Beberapa restoran yang menyediakan Yu Sheng halal di Singapura:
- Carousel at Hotel Royal Plaza on Scotts, call 6589-7788
- Tiffany at Hotel Furama City Centre, call 6531-5366
- Aquamarine at Hotel Marina Mandarin, call 6845-1111
- Manhattan Fish Market
- Kintamani at Hotel Furama Riverfront, call 6739-6463

Ditambah dan diIndonesiakan dari Berita Minggu 22 Jan 2012.

No comments:

Post a Comment