Feb 6, 2011

Sampaikan dengan Jelas

Sudah menjadi kebiasaan Rasulullah SAW bahwa beliau akan berbicara dengan jelas dan rinci di depan majelis yg dihadiri para sahabatnya. Jika ada sebuah kata atau kalimat yg tak dipahami maka beliau akan mengulangi atau membahasnya sampai para pendengar jelas.

Kadang ia meminta para sahabat untuk mengulangi pesan yg telah disampaikan atau sengaja memancing pertanyaan yg berhubungan dengan pesan tadi untuk menguji ketelitian para sahabat dalam menerima pesan baru tsb.

A'isyah al-Shiddiq ra mengatakan "Rasulullah SAW tidak pernah menyingkatkan (summarised) pesan yg beliau sampaikan ... dan cara beliau menyampaikan pesan begitu jelas, sehingga bila ada seseorang ingin menghitung kata-demi-kata maka jumlah kata tsb dapat dihitung dengan cermat". A'isyah ra juga mengatakan "jika ia tidak jelas mendengar sesuatu yg telah diucapkan Rasulullah, maka ia akan meminta beliau mengulanginya lagi, sampai ia mengerti pesan tsb".

Anas ibn Malik meriwayatkan "Jika Rasulullah SAW menyampaikan salam kepada siapa saja maka ia sering mengulanginya sampai 3x dan jika ia menyampaikan sebuah kata maka ia juga akan mengulanginya 3x sampai kata tsb dimengerti".

Rasulullah SAW menjelaskan sesuatu dengan teliti/detail (expatiate) kata2 dan artinya namun beliau tidak pernah menyampaikan suatu pesan yg tidak berguna. Saat beliau berkata maka ia menggunakan seluruh mulutnya dan bukan hanya gerakan bibir saja. Beliau mengatur irama ucapannya sehingga membangkitkan semangat orang untuk mendengarnya. Tidak jarang beliau mencoba memberikan ilustrasi praktis terhadap pesan tsb agar mudah dimengerti.

Sahabat Abdullah ibn Mas'ud ra mengatakan "Jika ada seseorang di antara kami diajari sepuluh ayat dari al-Quran maka ia tidak akan berpindah ke ayat selanjutnya sampai ia benar2 mengerti makna ayat tsb dan dapat mengamalkan apa yg terkandung dlm ayat tsb." Para sahabat bersungguh-sungguh hadir dalam majelis dan belajar langsung dari beliau. Umar ibn Khattab ra mengatakan "Saya dan tetangga saya dari keluarga Bani Umayyah ibn Zaid kadang bergantian hadir dalam majelis ilmu Rasulullah SAW. Ia (tetangganya) akan hadir hari ini dan saya akan hadir besok. Lalu kami saling bertukar info dan memberitahu apabila ada ayat2 Allah yg baru diterima.

A Textbook of Hadith Studies, Mohd Hashim Kamali, p 11-12

No comments:

Post a Comment