Apr 6, 2011

Halal bermula dari yang Kecil

Istilah goodie-bags paling populer di negeri ini. Tidak lengkap sebuah acara tanpa goodie-bags. Sebut saja acara untuk warga emas (senior), warga biasa, atau krucils (kru cilik alias anak2) biasanya selalu diiming-imingi goodie-bags. Salah satu tujuan nya adalah membuat peserta lebih ramai :-) Khusus untuk anak-anak: mulai dari acara ulang tahun, cendera hati saat pulang pesta, bekal snack saat ikut latihan bersama kakak hebat, pengisi perut lapar saat pengajian, ifthar bersama, dll semuanya berbekalkan goodie-bags berupa cemilan dan minuman.

Sesuai namanya kata goodie berasal dari kata good alias thayyiban (segala sesuatu yg baik). Sebagai muslim ada satu faktor lagi yg perlu diperhatikan yaitu kehalalan isi tas thayyiban tadi. Meskipun yg akan mengkonsumsinya adalah anak-anak balita yang belum baligh.

Beberapa kali saya bertemu dengan paket makanan minuman yg tidak ada label halal sama sekali ! Dilihat dari isi tas nya memang minim anggaran, mgkn utk menekan biaya serendah2 nya, dipasoklah gula-gula, jelly, chips, dan minuman yg tak berlabel halal. Dari sisi ke-thayyiban nya diragukan, apalagi ini juga tidak halal.

Kita perlu goodie-bag manners yg Islami. Isikan tas tsb dgn produk2 yg baik, sehat, dan halal. Beritahu kawan2 bila kita menyadarinya lebih awal. Periksa sebelum diberikan kepada anak2. Beritahu mereka agar SELALU berhati2 dan mengenal tanda/logo halal di tiap produk. Ingatkan si penyedia jasa saat memesan goodie-bags agar memastikan penggunaan produk2 yg halal dan belum kadaluwarsa. Singapura adalah negara yg amat memperhatikan hal ini sekaligus mempromosikan penggunaan produk2 halal.

Berikut adalah dua sampel goodie-bags yg kami peroleh di acara pengajian SI dan satu lagi setelah menghadiri pesta pernikahan seorang sahabat. Mudah dilihat mana yg halal dan mana yg tak mempedulikan hal tsb. Kadang utk berhemat beberapa puluh sen, keyakinan ini dikorbankan. Sesuatu yg amat tidak sebanding ;-(

Sayangi anak-anak kita. Ajari mereka sedini mungkin untuk mengenal logo halal pada makanan atau minuman yg akan dikonsumsi.

No comments:

Post a Comment