Dec 10, 2011

Perlukah Libur Hari Jumat ?


Sudah beberapa kali ini saya ambil cuti hari Jumat. Apa enaknya libur hari Jumat yg sebenarnya hari kerja bagi yang lain ? Sebagai seorang muslim saya dapat mempersiapkan pergi shalat Jumat dengan lebih leluasa dan bisa pilih mau ke mesjid mana. Hal lainnya pusat keramaian kosong dan dapat dinikmati lebih tenang. Alhasil berarti pergi senang, pulang senang, mendengar khutbah pun tak mengantuk. Pulang dari sana dapat mampir tempat-tempat yg sudah lama tak diziarahi :-)

Kemarin sengaja shalat di Masjid Khalid. Masjid yg terletak di dekat sentra pasar melayu Geylang ini tak terlalu jauh dari mall Joo Chiat Complex dan GSM. Sepulang Jumat, sambil cuci mata di toko-toko kelontong di sepanjang jalan untuk mencari something really difficult to find saya arahkan kaki menuju dua toko buku legendaris di mall tsb: Toko Buku Haji Hashim (lantai 1) dan Toko Buku Warisan (lantai 2). Kedua toko ini memang super kompak alias padat dengan koleksi buku nya meski arealnya amat terbatas.

Memasuki toko buku tanpa ide mau cari apa adalah kesalahan terbesar :-( Alhamdulillah di TB H.Hasyim mata menangkap sosok buku-buku Prof Hamka diantaranya tafsir al-Azhar (edisi asli Panjimas) dan buku-buku beliau yg lain (agama, roman). Hmm mungkin ini memang tujuannya ! Saya bantai sekitar 15 menitan di sana, banyak karya Hamka ini yg sudah diterbitkan oleh Malaysia sehingga harganya pun pasti lebih mahal. Tapi saya salut dan bersyukur bahwa karya-karya bagus ini tetap ada penerusnya meski sudah tak naik tayang di tanah air :-( Selesai di lantai 1, lanjut ke TB Warisan di lantai 2. Toko buku bernuansa biru ini jauh lebih luas, terang  dan lebih lengkap. Bila di Indonesia kita hanya lihat koleksi buku penulis dari Indonesia saja, di sini dapat ditemukan koleksi buku bahasa serumpun dari tiga negara (mayoritas Malaysia, Singapura, dan Indonesia).

Toko Buku Warisan

Dengan semangat "Ku (sudah) Tahu Yang Ku Mau" langsung tanya penjaga toko dimana koleksi karya Hamka. Langsung menuju rak TKP, benar saja ... lebih banyak lagi ! Alhamdulillah tidak sia-sia pengembaraan setengah jam-an itu, saya berhasil bawa pulang tiga karya buya: Islam dan Adat Minangkabau (Pustaka Dini, $14), Lembaga Hidup (Panjimas, $11), dan Hamka Bercerita tentang Nabi dan Rasul (Pustaka Dini, $18).


Jadi perlukah libur hari Jumat itu ?

Bagi kita yg tinggal bukan di Timur Tengah, ini adalah sebuah kemewahan yg tak mungkin diperoleh tiap minggu, karena memang hari kerjanya berbeda. Namun tak perlu risau, Allah Swt sendiri menerangkan dalam Qs al-Jumu'ah 62:10 "Apabila telah ditunaikan sembahyang, maka bertebaranlah kamu di muka bumi, dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung." Umat Islam bukannya disuruh cuti penuh satu hari itu untuk beribadah melainkan cukup menyediakan satu jam (kurang lebih) untuk beribadah yg wajib. Bagi sebagian orang, senangnya berlibur di hari Jumat umumnya  dikarenakan long weekend (Jum-Sab-Min) yg dpt diisi dengan kegiatan-kegiatan penting lain. Jadi tak perlu risau kawan :-)


No comments:

Post a Comment