Dec 12, 2011

Wilayah Femur

Sambil menemani istri cek kesehatan minggu lalu saya baru kenal istilah ini, Femur Length (FL). Lihat kamus di HP dan konfirmasi ke mbak wiki, ternyata femur itu adalah tulang terpanjang pada tubuh manusia. Sepasang femur (kiri dan kanan) termasuk dari sekitar tiga ratusan tulang belulang yg hadir saat seorang bayi terlahir kedunia. Pengukuran panjang calon bayi dalam rahim saat USG lengkap pun termasuk dengan mengukur FL ini.

FL dari hasil USG

Lebih dikenal dgn nama tulang paha yang panjangnya dapat mencapai 48 cm. Luar biasa kekuatannya krn dapat menopang beban 30 kali lipat berat tubuh total. Bukan hanya penopang beban statis spt beton, namun juga dinamis yg diperlukan saat berlari, lompat, berputar, atau kombinasi jongkok berdiri. Dibungkus otot, diselimuti daging, dan dilapisi kulit jadilah ia yg dikenal dengan paha yg menghubungkan lutut dan panggul manusia.

Istimewa di dalam Islam, femur dan daerah sekitar femur adalah wilayah aurat (awrah), bagi pria dan wanita. Tentunya untuk wanita ada wilayah lain yg juga termasuk aurat. Aurat bagi pria adalah antara pusar dan tempurung lutut. Mengenai apakah pusar dan/atau lutut termasuk aurat ada dua pendapat dan yg pasti paha adalah aurat.

Adalah rahasia Allah Swt dibalik aturan Islam tentang aurat: mengapa daging/otot yg membungkus femur ini harus ditutup. Kumpulan otot yg membentuk paha (thigh) ini memang khas struktur dan keindahannya selain ia juga melindungi organ vital manusia. Dalam anatomi ada bbrp bagian khusus yg mengacu otot-otot yg berada pada wilayah tsb: hip, buttock, paha depan/belakang, paha atas/bawah dll yg lebih rumit :-) Semua literatur tentang clothing and modesty akan menyampaikan standar yg sama bahwa wilayah paha perlu fully-covered alias ditutupi (tidak ketat dan tidak transparan/tipis). Tak kalah pentingnya perlu diperhatikan apakah zone terlarang* tsb bakal tampak (tersibak) tanpa sengaja saat beraktivitas.

Andaikan seseorang tidak memiliki kedua paha (maaf), karena kecelakaan atau amputasi, maka mungkin tidak ada lagi ketertarikan nafsu/syahwat orang lain yg memandang tubuh orang tsb. Allah Maha Tahu ciptaan Nya dan Islam adalah satu-satunya agama yg menjelaskan modesty (kesopanan) dalam berpakaian tadi dgn aturan yg tegas namun mudah dimengerti:
  • Pria: wilayah aurat antara pusar dan lutut.
  • Wanita: semua anggota tubuh adalah aurat kecuali wajah dan telapak tangan.

Nah andaikan FL seseorang itu adalah x sentimeter. Remaja pria biasanya "hanya percaya diri" bercelana pendek dgn ukuran x atau 3x/4. Sementara remaja wanita (termasuk yg lebih dewasa) lebih berani dgn x/2, x/3, x/4 atau lebih mini lagi. Ternyata wanita lebih berani. Makanya tak heran lebih banyak wanita yg *tabah* pakai rok atau celana mini di dalam bus/mrt, mall, ruang rapat yg dingin, bahkan saat musim memasuki winter sekalipun sementara pria nya bercelana hingga mata kaki.

Alasan praktisnya tentulah agar lebih lincah, mudah memadankannya dgn atasan apapun, mudah dilepas saat di toilet krn mini, dan perawatan nya pun mudah (cuci sebentar dan tak payah disetrika). Alasan praktis ini sengaja diciptakan oleh media dan dunia mode. Apapun majalah mode (non-muslimah) yg beredar di dunia pasti menyibakkan wilayah paha. Itu minimalis ! Bisnis ekspose kulit ini memang selalu berprinsip the lesser (the skin covered), you are the coolest. Beratus alasan dapat dibuat oleh wanita-wanita yg ingin tampil eksis modern, trendy, dan menarik dgn bermodalkan rok mini tsb.

Di akhir tulisan saya kutipkan pendapat K.H.E. Abdurahman mengenai aurat sbb. Kata aurat mempunyai dua arti yaitu, pertama: bagian tubuh manusia yang malu bila dilihat orang lain, kedua: kelemahan, tidak ada kemampuan bertahan atau membela diri bila di serang. Dengan dua arti tersebut aurat memberi isyarat akan adanya sesuatu yang berharga, menarik dan mengundang nafsu orang untuk mengganggunya. Bila pertahanan yang melindunginya tidak kuat (penutup aurat), tentulah simpanan yang berharga itu mudah dicuri atau dirampas orang”. (Risalah kecil, tahun 1969)


Artikel tentang modesty di agama lain juga melindungi wilayah tsb meski tak dituliskan langsung: (1)(2)


No comments:

Post a Comment