Aug 9, 2010

Menahan nafsu saat di LUAR

Menahan nafsu di LUAR (luar rumah atau kantor) rupanya bukan hanya urusan mata dan perut saja (baik yg di dalam ataupun di bawahnya). Di era jejaring sosial yang amat marak ini chat, tweet, FB dll, pengguna laptop atau smartphone (iPhone, BB, Android, dll) memang sangat menikmati jelajah internet di mana dan kapan saja. Mengkontak teman, mengakses email kantor, chatting saat bosan, pakai GPS saat bingung mencari jalan, atau semata ajang narsisme (foto, update status, location check-in) adalah hal2 yg umum dilakukan. Namun tanpa disertai kesadaran tiap individu akan bahaya-bahaya yang mungkin muncul saat mereka menggunakan "gadget" nirkabel (wireless, wifi, 3G) tsb di LUAR wilayah aman maka pengguna2 ini harus rela menjadi korban.

Sebulan dua belakangan ini yang marak adalah munculnya hacker-hacker YM dan berlanjut ke FB. Mereka mengakuisisi akun teman2 yang sudah dikenal sebelumnya dan mencoba mengelabui daftar teman korban (Friend list) untuk minta uang dgn alasan darurat, minta transfer rekening, mengobok-obok informasi di blog/FB, atau sekadar mengganti password korban sehingga akun tsb jadi tidak dapat diakses sama sekali.

Yang saya perhatikan umumnya yang jadi korban adalah teman2 yang jarang mengurus (maintain) akun Yahoo/FB/blog nya. Hancur deh diserang hacker iseng. Apalagi saat membuat akun (sign-up) memilih kata sandi (password) seadanya. Lebih parah lagi semua informasi pribadi dipajang selengkap mungkin di Friendster, Facebook, YM dll he..he..

Nah ini ditambah lagi dgn fasilitas yang diberikan di situs email (Yahoo) atau jejaring sosial lain utk mengganti kata sandi yang kelupaan. Saat membuat akun pertama kali, begitu mudah mereka memilih kombinasi pertanyaan dan jawaban (secret questions) yg diperlukan utk mereset kata sandi tadi. Biasanya disediakan dua pertanyaan, nah jika jawaban untuk kedua pertanyaan tadi begitu mudah diperoleh dari akun-akun korban yang lain (misalnya di Facebook) yang terbuka untuk umum ... hmm jelas jalan bagi hacker untuk menjebol akun tsb terbuka lebar.

******

Saat berada di LUAR rumah/kantor, terutama dengan notebook lain atau gadget (smartphone, PDA, BB), atau saat memakai PC di kiosk internet gratis yg ada di bandara, cafe, hotel dll sebaiknya tak perlu lah menyambi menjelajah yahoo/gmail/FB/FS ... apalagi internet banking segala. Mgkn utk BB lebih aman ya karena pakai pin.

Di Singapura, internet banking cukup aman krn memakai token pin seperti klikbca atau mandiri itu. Kalau bawa notebook sendiri saat plesir atau kunjungan bisnis insya Allah aman karena di notebook tsb mudah2an sudah dilengkapi dengan antivirus, firewall, dll.

Selama tak ada urgensi yg mendesak, istirahat kan jari-jari lentik ini utk tidak mengakses email/FB tsb. Masih kebelet juga ingin melungsur internet krn sudah bosan menunggu pesawat telat atau menunggu teman ... ya baca suratkabar, detik, blog orang dll aja.

Kita nggak tahu di tempat2 umum atau di komputer kawan kita sudah terpasang keylogger atau virus/trojan yg fungsinya sama, mengirim info2 tsb ke si penjahat.

Kita tak tahu selama ini apa gadget macam BB/HP/PDA dll itu benar2 bug-free alias tidak bisa di hack atau di intercept (disadap) info nya selama kita mengakses email/FB. Kadang2 user sendiri lupa atau tak tahu cara login dan logout dengan benar di smartphones tsb.

Mudah2an berguna dan akun kita tetap sehat n selamat !
Bingung mengelola terlalu banyak email account, blog, atau tak sempat mengurus FB, ya tutup saja akun nya !

No comments:

Post a Comment