Aug 10, 2010

Pen and Notes Suits Me Best

Apa karena saya masih jadul ya, nggak lincah memakai smartphone atau PDA, meski sudah zamannya layar sentuh. Teutepp aja untuk hadir di seminar atau ceramah lebih nyaman bermodalkan pena dan buku catatan (PENOTES). Buku catatan bisa berupa buku agenda, pocket notes, halaman belakang kertas brosur, atau apapun yg bisa ditulisi (asal jangan batu atau telapak tangan). Apa krn tak mahir memakai stylus atau menarikan jari-jari ini di atas layar. Apalagi harus mengetik di atas tuts keyboard yang unyil macam di E72, Milestones atau BB. Padahal jari tak jempol semua lho :-)

Namun kenyamanan ini ternyata di share juga oleh banyak hadirin di kiri kanan belakang saya saat hadir di seminar kebangsaan IA-ITB 7 Agustus kemarin. Mereka yang serius menyimak dan ingin membuat catatan tetap mengandalkan PENOTES ini ! Padahal di sebelahnya ada iPhone atau BBB yg menyediakan aplikasi semacam notepad yg pastinya mudah digunakan juga. Atau mgkn karena kebiasaan saja ya ? (Sebagai bocoran, ketiga pembicara undangan di podium ternyata juga memakai notes kecil dan pena untuk mencatat di saat seminar berlangsung)

Keuntungan memakai PENOTES yang pasti buat saya:
  • Mudah berilustrasi, visualisasi di kertas, lebih hidup gitu !
  • Mudah diwarnai, digaris tebal, dillingkari, dikotaki sesuai urgensinya
  • Mudah diselipi keterangan tambahan di sana sini dgn ukuran font mini-maxi seenaknya
  • Mudah dikoreksi, tinggal coret, atau dibubuhkan panah ke sana sini (lintas halaman)
  • Saat dicari nanti, mudah juga ditemukan krn tinggal bolak-balik halaman,lihat tanggal dan juga krn teringat ilustrasi2 nya (tapi ini yg terkumpul di satu buku ya, macam buku agenda). Bukannya di kertas robekan atau halaman belakang brosur

Kelemahan:
  • Yang pasti, arsipnya tidak punya softcopy, sukar diarsip ke media macam USB,CD
  • Indexing nya buruk karena tidak ada auto-organizer dengan tag misalnya
  • Sukar diedit ulang dengan tambahan gambar, foto, atau hiperlink
  • Bagaimana mem fwd notes ke email/blog/fb selain harus diketik ulang :-(
  • Saat notes dan harus beli yg baru, nah gimana, mau disalin ulang he..he..
  • Saat hilang, nah ini seabrek catatan lenyap seketika krn tak ada backup tadi

Mgkn buat sebagian besar orang HP canggih lebih kepada fungsi email/chat/browsing, dengar mp3, atau nonton mp4 saja. Menulis dgn PENOTES lalu hasilnya disalin lagi ke PC (Word/email) akan jauh lebih mantap krn ada proses filtering informasi di sana dan penambahan di sana sini utk memperkaya informasi.

Buat yg merasa masih gamang menulis catatan di HP canggih tadi jangan malu-malu untuk mengeluarkan jurus jadul PENOTES utk mencatat hal2 penting, sayang sudah jauh2 datang tidak dapat bawa apa2. Memang betul panitia seminar atau ceramah biasa membagikan softcopy berupa pdf/ppt hasil slide presentasi, namun amat sering lembaran slide itu amat kering dan hanya pointer2 umum yg "tak bunyi" sama sekali kecuali kita menyimak dengan sungguh2 saat itu.

Terakhir ingatlah pesan shabat Ali r.a IKATLAH ILMU dengan MENULISKAN nya, maklumlah otak ini sering tak bagus fungsi retrieval nya, terutama utk simpanan info yang masih baru, tumpang tindih dgn informasi lain krn kesibukan, dan informasi yg jarang diulang2.

(repost from FB, 09-August-2010)

No comments:

Post a Comment