Aug 12, 2008

Treetop, Berjalan di Puncak Pohon

Sesuai judulnya memang ini wisata alam yang menjanjikan pemandangan melihat puncak-puncak pohon. Tentu saja bukan pohon tomat, pohon cabe, atau pohon-pohon mini lainnya, tapi ini asli pohon-pohon berakar tunggang berkambium rindang yang memiliki tinggi sekitar 20-25 meter. Pengunjung menikmati pemandangan pohon-pohon dari jarak yang relatif dekat pada ketinggian tersebut. Bukan dengan panjat tebing, naik kereta gantung, apalagi naik helikopter melainkan dengan cara berjalan di atas jembatan besi baja yang kokoh. Biasanya pengunjung memulai pengembaraan nya dari sebuah tempat yang tinggi misalnya bukit (bisa dengan perjalanan mendaki atau diantar dengan bus atau kereta wisata) lalu disambung dengan jembatan ini.

Di Singapura ada dua tempat terkenal yaitu HSBC Treetop Walk di McRitchie Reservoir Park dan Forest Walk di Southern Ridges Park. HSBC Treetop berupa jembatan gantung suspensi yang terentang di antara Bukit Peirce dan Bukit Kallang. Sementara Forest Walk merupakan jembatan baja sambung menyambung dimana pilar-pilar baja penopangnya langsung ke tanah. Konsep treetop agak berbeda dengan canopy walk (berjalan di bawah kerindangan pohon) atau yang lebih umum lagi yaitu forest walk (wisata hutan). Perbedaan yang paling mencolok adalah lokasi perjalanan, satu di atas dan satu mengikuti profil tanah di bawah. Berjalan di jembatan treetop amat tidak nyaman dilakukan saat matahari sedang terik karena tidak ada yang menaungi kita dari sinar matahari langsung atau di malam hari karena memang tidak ada lampu. Kekurangannya yang lain adalah wisatawan tidak bisa merasakan langsung sensasi menyentuh akar, batang pohon, merasakan turun naik atau lembabnya tanah hutan hujan tropis ini :-) Bahkan di jembatan HSBC Treetop pengunjung hanya diperbolehkan berjalan satu arah dan pada setiap saat hanya diperbolehkan 30 orang yang "tergantung" di sana. Kebayang kan, kalau di atas jembatan itu tidak bisa bergerombol karena membuat macet apalagi mau duduk santai dulu karena penat. Kesempatan memfoto sekeliling pun harus dilakukan dengan segera karena banyak pengunjung lewat dan posisi kaki tidak stabil karena goyang.

Menurut kamus bahasa Inggris Collins, definisi treetop adalah bagian tertinggi dari sebuah pohon dimana berkumpul cabang-cabang, dedaunan, dan tempat bermain monyet. Wisata jenis ini jelas membutuhkan modal yang luar biasa untuk perencanaan dan pembuatan sarananya. Alhasil tidak banyak tempat yang memiliki wisata macam ini:

HSBC Treetop Walk
  • Singapura, tinggi 27 meter, rentang jembatan 250 meter, gratis.
  • Diresmikan 5 November 2004, menelan biaya SGD 1.6M.





Forest Walk Southern Ridges
  • Singapura, tinggi 3-18 meter (menuruni bukit), rentang jembatan 1300 meter, gratis.
  • Diresmikan May 2008



Otway Fly
  • Australia Barat Daya, tinggi 47 meter, rentang jembatan 600 meter, bayar AUD 20.
  • Diresmikan September 2003, menelan biaya AUD 6.5M.
  • Tertinggi dan terpanjang di dunia !


Otwayfly picture is taken from Harko Pilot collection.

No comments:

Post a Comment