Dec 31, 2010

Produsen Bijak


Ini namanya melindungi konsumen. Memberi konsumen jaminan bahwa dapur dan cara kerja mereka benar2 profesional untuk melayani dengan baik dan benar. Siapa sangka KFC, resto cepat saji yg populer dengan produk ayam ini, mampu bertahan dan terus berkembang cepat di India sejak 1996. Sebuah negeri yg lebih sepertiga warganya adalah penganut vegetarian (V) yang taat: mayoritas adalah Lacto-V (vegetarian yg juga mengkonsumsi dairy product juga seperti susu, yoghurt, keju), Ovo Lacto-V (dairy product + telur), ataupun murni vegan (hanya sayuran dan buah).

Jelas saja menu ayam tetap dominan (yg katanya halal, meski kontroversial), namun mereka menyajikan menu2 vegetarian. Menu non-ayam ini sama renyah dan gurihnya. Maklum lah yg penting crispy itu kan kulit luarnya yg diracik dan digoreng dengan minyak nabati dan racikan 11 bumbu rahasia yg sama. Intinya pemisahan yg jelas utk keamanan dan kepuasan konsumen. Tanda lingkar kecil hijau atau merah adalah sebuah kesepakatan umum yg ditaati produsen makanan dan minuman, restoran, hotel di India. Bahkan telur pun dikategorikan lingkar merah.

Vegan saja punya hak untuk ini, kita sebagai muslim pun berhak meminta deklarasi kehalalan yg jelas dari tiap produk yg dijual di Indonesia tentunya.


No comments:

Post a Comment