Aug 24, 2011

Biaya Perawatan dan Harga Baru

Aksesori yang satu ini tak pernah berhenti diproduksi tiap tahun. Berbagai merek, berjuta model, ukuran, warna, dan pilihan harga tersedia untuk siapapun. Mayoritas orang dewasa dapat memiliki jam tangan saat ini. Tolak ukurnya hanya memadu anggaran dan keinginan (atau keperluan). Di masa kini, fungsi jam tangan sudah banyak dapat digantikan dengan adanya telefon genggam di tangan atau bilapun tak ada dapat melirik televisi atau tanya orang.

Atas dasar ubiquitous (selalu tersedia di mana saja, kapan saja) inilah saya mulai berprinsip bahwa aksesori yg satu ini bukan barang penting. Sebagai barang tak penting maka tak perlu bermerek apalagi mahal. Punya satu pun cukup, tak perlu menumpuk dua atau tiga yang membuat repot perawatannya. Lagipula saya memang bukan tipe orang yg suka memadankan aksesori dengan pakaian atau acara tertentu. Asal masih jalan dengan benar, okelah itu.

Dulu saya punya beberapa jam tangan yang akhirnya satu persatu berakhir dengan ngadat karena kurang diperhatikan alias jarang dipakai. Tergeletak terlalu lama, tak dipakai, tnyt menimbulkan banyak masalah: baik baterai nya, LCD meleleh, pegas kinetic yang tak berfungsi lagi sehingga ditaruh sebentar mati, mau dicaripun sparepart pengganti sudah tak ada (karena produk sudah end-of-life/EOL) atau ongkos reparasi yg mahal. Memang koleksi jam saya tak ada satupun dengan harga mencekik leher apalagi perlu penyimpan khusus (watch winder) yang harga sebuah nya saja setara dengan beberapa jam tangan saya :-)

Hingga suatu hari di awal 2010 saya memerlukan sebuah jam baru, karena jam andalan selama ini bermasalah. Jam kinetic anadalan itu sudah menemani saya pada akad nikah sepuluh tahun lalu. Namun apa daya, meski di zamannya ia adalah sebuah jam kinetic berbahan titanium yang tangguh, di tahun keenam tali nya (watch strap) putus. Koq bisa ya ... tali metal titanium ini putus. Dua kali ganti tali (kali ini titanium + steel) dengan harga yg hampir 1/6 harga awal saat beli, hingga kemudian pada *opname* ketiga saya nyerah. Harga utk mereparasi "nyawa" pegas kinetic nya sekitar 2/3 harga awal nya, padahal ia baru saja berulang tahun yang ke-9 enam bulan lalu :-( Well ... 9 years old is good enuf for nowadays' product [sigh].

Jam baru itu muncul dengan anggaran se-pas-nya. Pas di tangan, dengan segala fitur yang diperlukan: analog dengan tanggalan yang tak perlu disesuaikan tiap bulan (perpetual calendar), beroperasi dengan batere (kapok dengan jam otomatis), dan hanya punya satu tampilan (tanpa bundaran-bundaran lain utk stopwatch, kalender dll). Bertemu di Mustafa, bertali kulit tebal tampak perkasa, berpendar kala gelap, ada bantuan lampu INDIGO, dan garansi batere 7 tahun ck..ck.. Mereknya spt berasal dari US, tapi tak jadi masalah, ini jam murmer dan so far so good sesuai janji. Penampilan luar rigid bernuansa outbound style. Dipakai siang malam tanpa keluhan.

Sampai suatu saat beberapa bulan lalu, *lagi-lagi* muncul masalah pada tali jam. Tali jam yg tampak kokoh dengan jahitan rapi itu tnyt rapuh. Salahsatu gelang pengikat tali putus begitu saja karena lem yg mengering. Lem ??? Lha bukannya dijahit ? Ada jahitan tapi benangnya halus, mana tahan berlama-lama menahan keluar masuknya tali jam dari kulit itu. Terakhir bulan lalu, pegangan tali jam ke body jam tsb putus. Alasan yang sama.

Mau beli jam baru tak mungkin lah ... Ini jam masih jalan baik tapi nyawa tali nya singkat. Kurang dari dua tahun ! Saya datangi service center nya yg kebetulan dekat kantor. Mereka hanya punya satu tali jam yg cocok dengan warna mendekati tali aslinya. Take it or Forget it. Tinggal satu-satunya dan itupun tidak sama dengan asli. Bingung, harganya 1/5 harga beli jam ini dulu. Cari pengganti di toko-toko reparasi jam di luar pun tak bakal bertemu aslinya dan harus beli tali model lain dengan harga paling murah setengah tali yg ditawarkan tadi. Akhirnya saya putuskan utk ambil saja tali ini. Katakan harganya $24 berarti tiap bulan biaya perawatan jam ini paling kurang $2. Tapi siapa dapat menjamin jika dulu saya beli jam dengan harga $24 lebih mahal tak akan bernasib seperti ini :-(

Kesimpulan:
Bersiaplah dengan biaya perawatan 20% tiap tahun utk aksesori yg Anda beli termasuk ongkos kerja perbaikan. Jadi bagaimana ? Kadang ada aksesori yg merepotkan dgn ongkos 20% tiap tahun DAN ada juga aksesori yang tak pernah bermasalah selama lima tahun namun tiba-tiba tak berfungsi lagi setelah itu :-)




No comments:

Post a Comment