Aug 4, 2011

Talk Less, Touch More

(21 Juli 2011)
Suasana yg jarang saya alami di atas bus selepas Magrib semalam. Penumpang-penumpang nya khusyu di dalam bus yg masih kinclong luar dalam tsb. Kabin bus yg terang, lega, full AC, dan supir bus yg mengemudi alon-alon steady semakin menambah syahdunya suasana bus dua lantai itu. Padahal 1 Ramadhan baru bermula 10 hari lagi.

Saya baru sadar setelah lima menitan di dalam bus ... koq hening banget !

Tnyt jari-jari mereka sedang asyik beraktivitas, menyentuh dan menyapu layar HP pintar yg ada di genggaman mereka. Tak ada kepala yg tegak, tak ada yg ngobrol, semua terpekur. Hebat beneer ... HP pintar ini mampu menciptakan kesunyian baru ala teknologi, hanya jempol n telunjuk yg akrab kian kemari sementara mata dipaksa mengtawasi layar 3 inci itu terus menerus. Pastilah dokter mata yg akan bertambah banyak pasien di akhir tahun.

Sementara bus berhenti di lampu merah, saya mengalihkan pandangan ke luar jendela. Tnyt di sedan sebelah, tiga penumpangnya juga sedang khusyu dgn HP-masing. Sementara si bapak sj yg nggak bisa ikutan ritual tsb ... meski sesekali ia iseng menyentuh layar garmin Gps mobil nya. Tak ada
HP, Gps pun jadilah he..he..

Suasana yg sama diulang juga tiap hari, seperti di dalam MRT. Tiap pagi atau petang hari saat pekerja dan pelajar menjejalkan diri di dalam gerbong yang semakin ramai itu, lebih dari 1/3 penumpangnya mengolahragakan jari menyapu layar sentuh dengan gemas.

Inilah generasi sedikit bicara, banyak sentuh, yg diprakarsai iPhone, BB, Android dan versi OS lainnya. Di kala bicara empat mata menjadi semakin rendah kuantitas dan kualitasnya. Mentransformasi manusia pemakainya dari mahluk sosial menjadi anggota jasa jaring sosial (SNS = social networking service) dan menciptakan individu yg kurang gaul dan tidak peka terhadap lingkungan. Mereka ini biasanya berkomunikasi intens lewat tulisan singkat (sms, tweet, email, status update, BBM) atau berkolaboraasi dlm permainan online HANYA antar sesama mereka. Etiket komunikasi verbal hilang sama sekali !

BBM

Namun ada berita baik juga bagi pemilik BB, khususnya muslimin yg pintar. Biar jangan jadi looser, gara-gara HP mahal dan terkena sindrom *makin jauh dari manusia dan Tuhan*, maka di bulan mulia ini izinkan saya berkongsi selebaran. Moga-moga terinspirasi, begini pesannya:

Utk meraih manfaat positif BB selama bulan Ramadhan maka saya menganjurkan para pemakai BB agar lebih giat lagi melakukan BBM.

Layanan ini tak berbayar, pemakai cukup mengunduh dan menginstal aplikasi Quran sekali saja pada BB mereka. Lalu nantikan manfaat yg rrruaar bbbiaasa. Insya Allah diganjar pahala berlipat ganda oleh Allah SWT. Himbauan ini jg berlaku utk pemiliki HP pintar lainnya.

*BBM : Baca al-Bayaan Massal
(al-Bayaan = penerang, adalah jg nama lain al-Quran, spt tersurat dalam al-Imran 138)

Selamat menikmati,
Mari serius BBM di bajaj, bus, kantor, mall, metromini, mikrolet, mobil, mushalla, KRL, pesawat dll.

Jangan lupa utk mencharge batere HP temen-temen tiap hari,
Sekali lagi, kegiatan BBM di bulan Ramadhan ini (dan juga seterusnya) tak perlu pulsa !

(03 Agustus 2011)

***************************************************

*dirangkum dari edisi asli di milis IMAS

No comments:

Post a Comment